STUDI LITERATUR PERAN SERTA ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN SEKSUAL ANAK CEREBRAL PALSY
LITERATURE STUDY OF PARENTS' PARTICIPATION IN SEXUAL EDUCATION OF CHILDREN OF CEREBRAL PALSY
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran serta orang tua dalam pendidikan seksual kepada anak cerebral palsy. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode studi literatur review dengan pengumpulan datanya diambil dari jurnal penelitian terindeks nasional maupun internasional. Teknis analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam membantu guru untuk pendidikan seksual anak cerebal palsy, orang tua memiliki peran berupa mengenalkan nama, fungsi tubuh, jenis kelamin (perempuan dan laki-laki), menanamkan rasa malu serta menjaga tontonan pada anak cerebral palsy. Simpulan penelitian ini, jika orang tua memahami peran mereka pada pemberian pendidikan seksual anak, maka anak cerebral palsy akan mendapatkan pendidikan seksual yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Kata Kunci : orang tua, pendidikan seksual, anak cerebral palsy
The purpose of this study was to describe the role of parents in sexual education for children with cerebral palsy. This research was conducted using a literature review study method with data collection taken from national and international indexed research journals. The data analysis technique used is descriptive analysis. The results of this study indicate that in helping teachers to provide sexual education for children with cerebral palsy, parents have a role in introducing names, body functions, gender (female and male), instilling shame, and keeping the spectacle in children with cerebral palsy. This study concludes that if parents understand their role in providing children with sexual education, then children with cerebral palsy will get sexual education that suits their needs.
Keywords: parents, sexual education, children with cerebral palsy