Abstrak
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA CROSS NUMBER PUZZLE DALAM PEMBELAJARAN ARITMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR
Nama : Naulita Permatasari Pandjaitan
NIM : 15010644118
Program Studi : S-1
Jurusan : PGSD
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Wiryanto, M.Si
Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan individu peneliti yang menemukan kesulitan dalam proses belajar aritmatika ketika masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Seiring bergantinya zaman peneliti berfikir apakah kesulitan yang peneliti alami ketika di bangku Sekolah Dasar masih dialami oleh siswa pada zaman ini, dan peneliti menemukan fakta bahwa ketika peneliti melakukan kegiatan praktek mengajar di beberapa Sekolah Dasar di Kota Surabaya dan di Desa Klumutan kabupaten Madiun. Kasusnya selalu sama ketika peneliti mengajarkan matematika di sekolah-sekolah tersebut, yaitu kesalahan dalam operasi hitung bilangan. Permasalahan ini mungkin terlihat sepele, namun berdampak besar. Jika meleset satu angka saja hasil akhir yang didapatkan bisa berbeda. Selain itu aritmatika juga berperan penting dalam segala aspek kehidupan, oleh karena itu aritmatika wajib dikuasai sejak dini. Karena hal ini peneliti menawarkan media Cross Number Puzzle untuk mengurangi kesalahan-kesalahan berhitung.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media Cross Number Puzzle dalam pembelajaran aritmatika siswa sekolah dasar, serta perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan treatmen. Penelitian ini merupakan penelitian campuran yang melibatkan pengumpulan dan analisis data kualitatif dan data kuantitatif dalam sebuah rancangan eksperimental. Rancangan dari penelitian ini menggunakan Concurrent mixed methods, yang mengkombinasikan kedua jenis data, yaitu data kualitatif dan data kuantitatif dalam satu waktu yang bersamaan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Klumutan 03 Saradan, Madiun yang mengalami kesalahan-kesalahan berhitung dalam operasi hitung aritmatika, operasi hitung aritmatika disini merupakan operasi dasar yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini data kualitatif merupakan data pokok sedangkan data kuantitatif merupakan data sekunder yang menunjang atau memperkuat data pokok
Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari pre-test sebanyak 27,78% dan post-test sebanyak 71,67%. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari penggunaan media Cross Number Puzzle terhadap kemampuan berhitung aritmatika. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa siswa merasa senang dan menikmati proses pengerjaan media Cross Number Puzzle serta membantu mereka dalam memahami operasi hitung aritmatika dan mengurangi kesalahan-kesalahan berhitung yang dilakukan oleh siswa.
Kata Kunci :Efektivitas, media Cross Number Puzzle, Aritmatika
Abstract
THE EFFECTIVENESS OF USING CROSS NUMBER PUZZLE MEDIA ON ARITHMETIC LESSONS IN ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS
Name : Naulita Permatasari Pandjaitan
Program : S-1
Major : Elementary Teacher Education
Faculty : Science Education
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Wiryanto, M.Si
The reason behind this research was come from the personal problem of researchers who found a difficulty in arithmetic learning process while still in elementary school. As time goes by, researchers think whether the difficulties that researchers experience when in elementary school are still experienced by students in this age, and researchers found that when researchers did a teaching practice in several elementary schools in Surabaya city and in Klumutan Village, Madiun. The case is always same when researchers teach mathematics in these schools, the errors in calculating of number counting operations. This problem may seem unimportant, but it has a big impact. If it just missed one number, the final results can be different. Besides of that, arithmetic also plays an important role in all aspects of life, so arithmetic must be mastered in early age. Because of this, researchers offer Cross Number Puzzle media to reduce counting errors.
The research aims to find out the effectiveness of the use of the media Cross Number Puzzle in learning arithmetic to elementary school students. And the difference in the results of the study before and after given treatment. This is a mixed method research study that involves the collection and analysis of qualitative data and quantitative data in an experimental design. The design of this research uses Concurrent mixed methods, which combined both types of data, namely data qualitative and quantitative data at the same time. The sample in this research is the fifth grade in SDN Klumutan 03 Saradan Madiun, who experienced counting errors in the operation of counting arithmetic. Arithmetic operation in this case is the basic operation, i.e addition, subtraction, multiplication, and Division. Data collection is using the test, interview and observation. In this research qualitative data is the main data while quantitative data is secondary data that supports or strengthens basic data
Based on the research results, there was an increase in the average student learning outcomes to pretest score at 27.78% and post-test at 71.67%. This shows a significant influence on the use of Cross Number Puzzle media on arithmetic numeracy skills. Based on the results of the interview, it is known that students feel happy and enjoy the process of Cross Number Puzzle media and help them understand arithmetic counting operations and reduce the counting errors made by students.
Keywords: effectiveness, Cross Number Puzzle media, arithmetic.