ABSTRAK
Gayatri, Yuni. 2019. Pengintegrasian
Bentuk-Bentuk Scaffolding Dalam
Pembelajaran Biologi Menggunakan Siklus Belajar 5E Pada Siswa Yang Berbeda Gaya
Belajar Untuk Menuntaskan Keterampilan Berpikir, Keterampilan Proses dan Hasil
Belajar Kognitif. Disertasi. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Promotor: Prof. Dr. H. Muslimin Ibrahim, M.Pd, Ko-promotor: Prof. Dr. dr.
Tjandra Kirana, M.S., Sp. And.
Kata-kata Kunci: Scaffolding , Gaya Belajar, Keterampilan Berpikir, keterampilan
Proses, Hasil Belajar Kognitif.
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan
strategi pembelajaran hasil pengintegrasian bentuk-bentuk scaffolding dalam
pembelajaran biologi menggunakan siklus belajar 5E yang valid, praktis, dan efektif
untuk menuntaskan keterampilan proses, keterampilan berpikir dan hasil belajar
kognitif sekaligus memperhatikan perbedaan gaya belajar perseptual ( Visual-Auditorial-Kinestetik) siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan , menggunakan Four D
Models yang terdiri atas Define , Design , Develop and Desseminate .
Rancangan
ujicoba terbatas dan luas menggunakan The Static Group Pretest-Posttest
Design, yang diujicobakan pada siswa kelas XI SMA
Muhammadiyah 3, 4, 7 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan uji
validasi, observasi keterlaksanaan pembelajaran, observasi kendala dan
aktivitas siswa, angket respon dan gaya belajar perseptual serta tes hasil
belajar. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif statistik
menggunakan uji anova dan multiple comparison .
Hasil penelitian menunjukkan: (1) S trategi
yang dikembangkan yaitu Strategi pembelajaran “ Integrating Scaffolding Forms in Biology
Learning (ISFBL)”, dinyatakan valid secara isi karena terdapat unsur kebaruan (state of art ) dan valid secara konstruk
karena terdapat konsistensi antara bagian strategi yang dikembangkan dengan teori
belajar yang melandasinya. (2). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu
Silabus, RPP, LKS, bahan ajar dan lembar penilaian yang digunakan untuk implementasi
strategi pembelajaran IFSBL dinyatakan valid. (3). Strategi pembelajaran ISFBL termasuk
dalam kategori praktis karena seluruh sintak pembelajaran dalam strategi
pembelajaran ISFBL dapat dilaksanakan oleh guru dan siswa, aktivitas siswa
mendukung sintak strategi pembelajaran ISFBL dan dalam pelaksanaannya mendapat
respon yang positif dari siswa. (4). Strategi pembelajaran ISFBL termasuk dalam
kategori efektif karena dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa,
menuntaskan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses siswa pada siswa
dengan gaya belajar perseptual yang berbeda. (5). Strategi pembelajaran ISFBL
memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan proses dan hasil
belajar kognitif siswa dengan gaya belajar perseptual yang berbeda. Pengaruh
yang paling efektif pada hasil belajar kognitif siswa dengan gaya belajar
kinestetik-visual. Simpulan penelitian ini bahwa strategi pembelajaran hasil pengintegrasian bentuk-bentuk scaffolding
dalam pembelajaran biologi menggunakan siklus belajar 5E
pada siswa yang berbeda gaya belajar (strategi ISFBL) yang dikembangkan
dinyatakan valid, praktis dan efektif.