Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keterampilan berpikir analitis siswa dan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran guided inquiry. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre experimental dengan desain one group pretest posttest. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X di SMAN 1 Driyorejo yang terdiri dari enam kelas IPA. Dari enam kelas kemudian dipilih tiga kelas yaitu kelas X IPA 4 sebagai kelas implementasi. Kelas X IPA 2 dan X IPA 3 sebagai kelas replikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pengamatan, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis peningkatan keterampilan berpikir analitis terdiri dari uji-t berpasangan, n-gain, dan analisis varians serta analisis angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Keterampilan berpikir analitis siswa meningkat secara signifikan di ketiga kelas. Peningkatan dalam kategori sedang yaitu kelas X IPA 2 dengan n-gain 0,64 dan kelas X IPA 3 dengan n-gain 0,60 serta dalam kategori tinggi di kelas X IPA 4 dengan n-gain 0,70. Peningkatan keterampilan berpikir analitis konsisten di ketiga kelas. 2) Kegiatan pembelajaran melalui model guided inquiry pada materi Hukum Newton tentang gerak mendapat respon sangat baik di kelas X IPA 2 dan X IPA 4 serta mendapat respon baik di kelas X IPA 3.
Kata kunci : Guided Inquiry, keterampilan berpikir analitis.
The purpose of this research is to describe students' analytical thinking skills and students’ responses to the implementation of the guided inquiry learning. This research is a pre-experimental research with one group pretest posttest design. The research’s population was all students of class X at SMAN 1 Driyorejo consisting of six science classes. Of the six classes, three classes were selected, namely class X IPA 4 as the implementation class. Class X IPA 2 and X IPA 3 as replication classes. The research methods used observations, tests, and questionnaires. The data analysis technique used an analysis of increasing analytical thinking skills consisting of paired t-test, n-gain, and analysis of variance and the questionnaire response analysis. The results show that: 1) Students' analytical thinking skills improved significantly in all three classes. The increase in the medium category is class X IPA 2 with n-gain 0.64 and class X IPA 3 with n-gain 0.60 and in the high category in class X IPA 4 with n-gain 0.70. Improved analytical thinking skills are consistent in all three classes. 2) Learning activities through the guided inquiry model in Newton's law of motion received a very good response in class X IPA 2 and X IPA 4 and received good responses in class X IPA 3.
Keywords: Guided Inquiry, analytical thinking skill