KUALITAS PELAYANAN POSYANDU LANJUT USIA
DI DESA NGASINAN KECAMATAN PADANGAN
KABUPATEN BOJONEGORO
QUALITY OF ELDERLY POSYANDU SERVICES IN NGASINAN VILLAGE, PADANGAN SUB-DISTRICT, BOJONEGORO DISTRICT
ABSTRAK
NAMA : ATIK
NIM : 21040674349
PROGRAM STUDI : S-1
FAKULTAS : ILMU SOSIAL DAN HUKUM
NAMA LEMBAGA : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
PEMBIMBING : TRENDA AKTIVA OKTARIYANDA, S.AP.,M.AP
Indonesia merupakan negara yang dianggap memiliki jumlah penduduk yang sangat besar. Suatu jenis pemerintahan yang diberikan oleh otoritas publik kepada daerah setempat, salah satunya pada bidang kesejahteraan. Pemerintah telah mengembangkan sejumlah kebijakan mengenai pelayanan kesehatan lanjut usia sebagai respon terhadap meningkatnya jumlah penduduk lanjut usia. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup lansia sehingga dapat menjalani hari tua yang bahagia dan bermanfaat dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat sesuai dengan keberadaannya. Meningkatnya status sosial ekonomi masyarakat, pembangunan di bidang pelayanan kesehatan, dan kesadaran masyarakat merupakan faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan jumlah penduduk lanjut usia. Pada Desa Ngasinan terlaksananya kegiatan posyandu lansia setaip bulannya. Akan tetapi petugas posyandu atau biasa disebut dengan kader posyandu biasanya kurangnya perencanaan kegiatan pelaksanaan posyandu lansia. Kader posyandu lansia kurang kompak,kurangnya komunikasi antar anggota, penetapan jadwal yang tidak menentu,obat dan menu yang tidak menarik. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh kader dan petugas kesehatan perlu diperhatikan agar menciptkan jumlah lansia yang sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan posyandu di Desa Ngasinan Kecematan Padangan Kabupaten Bojonegoro.
Pada penelitian ini membahas variabel kualitas pelayanan seta pelayanan publik. Selanjutnya terdiri dari penelitian terdahulu serta kerangka konseptual. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah, Wawancara atau interview, Observasi Langsung, dokumentasi. Jenis data yang digunakan yaitu penelitian fenomenologi. Sumber data pada penelitian ini yakni data primer dan data sekunder. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tiga teknik analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data , dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitain ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan posyandu lansia yang ada di desa ngasinan kecamatan padangan kabuoaten sudah terbilang baik setiap tahunnya hal tersebut akan berengaruh terhadap lansia yang ada di desa tersebut.
KATA KUNCI : Kualitas, Pelayanan, Posyandu
ABSTRACT
NAME : ATIK
STUDY PROGRAM : S-1
FACULTY : SOCIAL SCIENCES AND LAW
INSTITUTION NAME : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
ADVICER : TRENDA AKTIVA OKTARIYANDA,
S.AP.,M.AP
Indonesia is considered to have a very large population. One type of governance provided by public authorities to local areas, including in the field of welfare. The government has developed various policies regarding elderly healthcare services in response to the increasing number of elderly population. The goal is to improve the health and quality of life of the elderly so they can lead a happy and meaningful life in their family and community in accordance with their existence. The increasing socioeconomic status of the population, developments in healthcare services, and public awareness are contributing factors to the growing elderly population. In the village of Ngasinan, elderly posyandu activities are conducted every month. However, posyandu workers, commonly referred to as posyandu cadres, often lack proper planning for elderly posyandu activities. The elderly posyandu cadres lack cohesion, communication among members is insufficient, schedules are irregular, and the medicines and menus are unappealing. The quality of service provided by the cadres and healthcare workers needs attention to ensure the health of the elderly population. This research aims to determine the quality of posyandu services in Ngasinan Village, Padangan Sub-district, Bojonegoro District.
This research discusses the variables of service quality and public service. It also includes previous research and a conceptual framework. This research uses a qualitative descriptive method. The data collection techniques used in this study are interviews, direct observation, and documentation. The type of data used is phenomenological research. The data sources for this research are primary and secondary data. In this study, the researcher uses three data analysis techniques: data reduction, data presentation, and data conclusion or verification. The results of this research indicate that the quality of elderly posyandu services in Ngasinan Village, Padangan Sub-district, Bojonegoro District, is relatively good each year, and this has an impact on the elderly population in the village.
KEYWORDS: Service, Public, Posyandu