Penelitian ini dilakukan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengaruh hasil belajar pengantar akuntansi, matematika ekonomi dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Surabaya.
Penelitian ini merupakan jenis metode kuantitatif. Sampel penelitian yang digunakan adalah purposive sampling yang berjumlah 83 mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2016. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi.
Hasil penelitian dari uji t : (1) hasil belajar pengantar akuntansi berpengaruh secara parsial sebesar 5,263 nilai signifikan 0,000 (2) hasil belajar matematika ekonomi tidak berpengaruh secara parsial sebesar -0,299 nilai signifikan 0,766 (3) minat belajar tidak berpengaruh secara parsial, sebesar -1,330 nilai signifikan 1,991. Hasil dari uji F sebesar 9,324 nilai signifikan 0,000, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan hasil belajar pengantar akuntansi, matematika ekonomi dan minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa pendidikan akuntansi universitas negeri surabaya. Selain uji t dan uji F terdapat nilai Adjusted R Square sebesar 23,3% sedangkan yang 76,7% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain.
Kata kunci: hasil belajar pengantar akuntansi, matematika ekonomi, minat belajar dan tingkat pemahaman akuntansi.
This research was conducted to test and analyze the influence of influence of the results of the study of introductory accounting, economic mathematics and interest in learning to the level of accounting understanding of accounting students of Surabaya State University.
This research is a type of quantitative method. The research samples used are purposive sampling amounting to 83 students S1 education Accounting Force 2016. Data collection techniques using questionnaires and documentation.
The results of the research from the Test T: (1) The results of the accounting introductory study partially affected by a 5.263 significant value of 0.000 (2) The results of economic mathematical learning did not partially affect the-0.299 significant value of 0.766 (3) learning interest did not partially affect, amounting to-1.330 significant value of 1.991. The result of a test F of 9.324 a significant value of 0.000, this indicates that there is a simultaneous influence of learning introduction of accounting, economic mathematics and interest in learning towards the accounting level of accounting students of the State University of Surabaya. In addition to the test T and F Test there is a Adjusted R Square value of 23.3% while the 76.7% is influenced by other factors or variables.
Keywords: Introductory study results of accounting, economic mathematics, learning interest and accounting comprehension level.