PERMAINAN BINGO SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN ANAK GANGGUAN SPEKTRUM AUTIS
BINGO AS A STRATEGY TO IMPROVE RECOGNIZE NUMBERS SKILL IN CHILDREN WITH AUTISM SPECTRUM DISORDER
Penelitian ini dibangun pada keyakinan bahwa dengan menggunakan permainan bingo maka kemampuan dalam mengenal lambang bilangan pada anak dengan gangguan spektrum autis dapat mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang permainan bingo sebagai strategi peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan anak dengan gangguan spektrum autis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dari jurnal-jurnal yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dalam memecahkan masalah. Hasil kajian diperoleh bahwa penerapan permainan bingo dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak dengan spektrum autis. Anak menjadi lebih tertarik dalam kegiatan belajar mengajar, menjadi aktif dalam proses pembelajaran, suasana kelas menjadi lebih hidup, anak tidak merasa bosan selama proses pembelajaran, dan permainan bingo sesuai dengan karakteristik anak dengan gangguan spektrum autis karena berbasis visual. Beberapa strategi yang dapat dilakukan sebagai penyesuaian agar anak lebih tertarik dalam penerapan permainan bingo yaitu memberikan reward saat anak melakukannya dengan baik dan benar, mengubah papan bingo dengan menambahkan gambar disertai permainan warna yang dapat menarik perhatian anak.
Kata Kunci: Permainan Bingo, Lambang Bilangan, Gangguan Sprektrum Autis.
This research was made on the belief that bingo games can increase the ability to recognize numbers in children with autism spectrum disorders significantly. The purpose of this study is to describe the bingo game as a strategy to increase the ability to recognize numbers in children with autism spectrum disorders. The research method used in this research is the study of literature from journals. Then analyzed using descriptive analysis in solving problems. The results of the study found that the application of bingo games can improve the ability to recognize numbers in a child with autism spectrum. Children become more interested in learning activities, become active in the learning process, the classroom atmosphere becomes more lively, children don’t feel bored during the learning process, and bingo games according to characteristics of in child with the autistic spectrum disorder because these are visual-based. Some strategies that can be done as an adjustment so that children are more interested in implementing bingo games are giving rewards when children do it properly and correctly, changing the bingo board by adding images and colors that can attract children attention.
Keywords: Bingo Games, Numbers, Autism Spektrum Disorder