Metode mendongeng merupakan suatu prosedur yang digunakan untuk menyampaikan informasi, materi dan gagasan yang menggunakan kegiatan bercerita sebagai pokoknya. Metode ini mudah digunakan untuk mendidik siswa karena siswa cenderung menyukai cerita. Dengan metode ini mampu membantu guru mengajarkan nilai moral, melatih imaginasi dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh metode mendongeng terhadap kemampuan berbicara siswa kelas IV.
Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperiment dengan rancangan Nonequevalent Control Group Desaign. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa SDN di Kecamatan Sukodono. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa SDN Masangan Kulon sebagai kelas kontrol dan siswa SDN Suko sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis.
Hasil penelitian kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pretest 69,14 sedangkan kelas eksperimen 72,93. Hasil postest untuk kelas kontrol yaitu 74,19 dan kelas kelas eksperimen yaitu 78,59. Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil thitung 4,0648 > ttabel 2,1016. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode mendongeng terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV di Kecamatan Sukodono.
Kata kunci: mendongeng, berbicara, metode
Storytelling method is a procedure used to convey information, material and ideas that use storytelling activities as the subject. This method is easy to use to educate students because students tend to like stories. With this method, it can help teachers teach moral values, train imagination and so on. This study aims to determine the influence of storytelling methods on speaking ability of fourth grade students.
This type of research is Quasi Experiment with the design of the Nonequevalent Control Group Desaign. The population in this study were all elementary school students in Sukodono District. The sample in this study were students of SDN Masangan Kulon as a control class and SDN Suko students as an experimental class. Data collection techniques used are test techniques and observation. The data analysis technique used is the validity test, reliability test, normality test and hypothesis test.
The results of the control class study obtained an average pretest score of 69.14 while the experimental class was 72.93. The posttest results for the control class are 74.19 and the experimental class is 78.59. The results of the hypothesis test show the results of t count 4.0648> t table 2.1016. Based on this, it can be concluded that there is an effect of the storytelling method on the speaking skills of fourth grade students in Sukodono District.
Keywords: storytelling, speaking, methods