VALIDASI MEDIA SKETCHUP DAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI MENGHITUNG VOLUME PONDASI DAN SLOOF
Abstrak
Berdasarkan survei awal di SMK Negeri 2 Bojonegoro, siswa Kelas XI DPIB mengalami kesulitan dalam belajar mata pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi, materi menghitung volume pondasi batu kali dan sloof. Hasil belajar yang dicapai pada tahun ajaran 2018/2019 ketuntasan belajar peserta didik ≥ 50% masih berada di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui hasil validasi media 3D Sketchup pada materi menghitung volume pondasi batu kali dan sloof (2) Mengetahui hasil validasi perangkat pembelajaran berupa Silabus dan RPP dengan menggunakan media 3D SketchUp dalam materi menghitung volume pondasi batu kali dan sloof.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dimana pengumpulan data menggunakan angket validasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data berbentuk analisis penilaian hasil validasi Media pembelajaran 3D SketchUp dan perangkat pembelajaran terdiri dari Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah dibuat sesuai dengan kisi-kisi guna menyampaikan informasi atau pesan. Angket digunakan sebagai instrumen Validasi terhadap Media 3D SketchUp dan silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Analisis validasi dilakukan dengan cara menjumlahkan hasil validasi yang direkapitulasi kemudian dihitung skor kriteria yang didapat, lalu dipresentasekan dan disesuaikan dengan tabel presentase klasifikasi penskoran.
Validasi Media 3D SketchUp yang akan dipakai dalam mata pelajaran estimasi biaya konstruksi materi menghitung volume pondasi batu kali dan sloof mendapatkan hasil persentase sebesar 95,56% dengan kategori sangat valid. Validasi perangkat pembelajaran berupa Silabus mendapatkan hasil persentase sebesar 83,57% dengan kaetgori sangat valid, dan validasi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) mendapatkan hasil persentase sebesar 82,63% dengan kategori sangat valid.
Kata Kunci: Validasi, Media 3D SketchUp, Perangkat Pembelajaran.
Abstract
Based on a preliminary survey at SMK Negeri 2 Bojonegoro, Class XI DPIB students had difficulty learning Estimated Construction Costs, the material calculates the volume of river stone foundation and sloof. Learning outcomes achieved in the 2018/2019 school year of learning completeness of students ≥ 50% are still below the KKM. The purpose of this study are (1) Knowing the feasibility of 3D Sketchup media on calculating volumes of foundation stones and sloof (2) Knowing the feasibility of learning devices on materials calculating the volume of foundation stones and sloof.
This type of research uses quantitative descriptive research where data collection uses a validation questionaire. This study uses data analysis technique in the from of an analysis of the result of the validation of SketchUp media and the learning tool consisting of silabus and learning implementation plans that have been made in accordance with the grid to conveyinformation of massage. Questionnaire is used as an instrumen of validation of the SketchUp media, silabus, and learning implementation plans. Validation analysis is done by adding up the result of the validation which is then recapitulate, then the criteria score is obtained. Then presented and adjusted to the precentage classification table scoring.
Validation on 3D SketchUp Media used in learning on material calculating the volume of foundation stones and sloof get a percentage result of 95.56% with the very valid category, the validation on the Silabus get a percentage result of 83.57% with a very valid scores, and the validation RPP get a percentage result of 82.63% with the category very valid.
Keywords: Validation, SketchUp 3D Media, Learning Tool.