PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI DALAM KEMAMPUAN BINA DIRI MENGGOSOK GIGI ANAK TUNAGRAHITA
THE USE OF ANIMATION VIDEO MEDIA IN SELF DEVELOPMENT ABILITY TO BRUSH THE TOOTH OF MENTALLY RETARDED CHILDREN
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan media video animasi dalam kemampuan bina diri menggosok gigi anak tunagrahita. Penelitian ini menggunakan metode kajian literature review, yang mengkaji 12 jurnal diantaranya 3 jurnal internasional dan 9 jurnal nasional yang diakses dari Google Scholar, Science Direct, Elsevier, ERIC, dan Research Gate sebagai sumber data. Teknik analisis data ini menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil kajian penelitian ini menunjukkan bahwa media video animasi dalam kemampuan bina diri menggosok gigi anak tunagrahita, melalui langkah-langkah yang diawali memegang sikat gigi, mngoleskan pasta gigi ke atas sikat gigi, mengambil air pada gayung lalu berkumur, menggosok bagian depan gigi, menggosok bagian luar gigi, menggosok bagian atas gigi, menggosok bagian bawah gigi, menggosok bagian sela-sela gigi, membersihkan busa dengan berkumur, dan membersihkan sikat gigi yang telah digunakan. Kesimpulan kajian penelitian ini bahwa penggunaan media video animasi menggosok gigi berpotensi membantu dalam bina diri anak tunagrahita.
Kata Kunci: video animasi, bina diri, tunagrahita
This study aims to examine the use of animated video media in self- development skills in brushing the teeth of mentally retarded children. This study uses a literature review method, which examines 12 journals including 3 international journals and 9 national journals accessed from Google Scholar, Science Direct, Elsevier, ERIC, and Research Gate as data sources. This data analysis technique uses the stages of animated video media in the ability to develop self-help brushing mentally retarded children’s teeth, through the steps that start with holding a toothbrush, applying toothpaste to the toothbrush, taking water on a dipper and then gargling, brushing the front of the teeth, brushing the outside of the teeth, brushing the top of the teeth, scrubbing the bottom of the teeth, scrubbing between the teeth, cleaning foam by gargling, and cleaning used toothbrushes. The conclusion of this research study is that the uses of animated video media brushing teeth has the potential to help in self-development mentally retarded children.
Keywords: animated videos, self care, mental retardation