TEKNOLOGI ASISTIF TEXT-TO-SPEECH (TTS) PADA KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN ANAK DISLEKSIA
TEXT-TO-SPEECH (TTS) ASSISTIVE TECHNOLOGY IN THE READING COMPREHENSION SKILLS OF DYSLEXIC CHILDREN
Abstrak
Perkembangan teknologi saat ini dapat dimanfaatkan dalam semua bidang, termasuk pada pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK). Teknologi asistif (bantu) digunakan sebagai sarana untuk menunjang program pembelajaran, terutama dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis secara deskriptif melalui beberapa literatur tentang pengaruh serta penerapan teknologi Text-To-Speech (TTS) pada kemampuan membaca pemahaman anak kesulitan belajar, terutama kesulitan membaca (disleksia). Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan mengkaji kumpulan literatur terkait sebagai sumber data. Data selanjutnya dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui efektivitas teknologi TTS dalam memengaruhi aktivitas membaca pemahaman anak. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif teknologi asistif Text-To-Speech (TTS) pada kemampuan membaca pemahaman anak disleksia. TTS membantu anak dalam melakukan aktivitas membaca secara mandiri di kelas maupun di luar kelas. Selain itu, guru juga memiliki peran penting dalam menentukan Program Pembelajaran Individual (PPI) untuk menjalankan aktivitas pembelajaran menggunakan teknologi TTS.
Kata Kunci :Kesulitan Belajar, Disleksia, Text-To-Speech (TTS)
Abstract
Current technological developments can be utilized in all fields, including the learning of children with special needs. Assistive technology is used as a means to support learning programs, especially in improving reading comprehension skills. The purpose of this study is to analyze descriptively through several pieces of literature about the influence and application of Text-To-Speech (TTS) technology on children's reading comprehension difficulties, especially in reading difficulties (dyslexia). This study uses the literature review method by examining the collection of related literature as a data source. Data were analyzed descriptively to determine the effectiveness of TTS technology in influencing children's reading comprehension activities. The results showed a positive effect of assistive technology Text-To-Speech (TTS) on the reading comprehension of dyslexic children. TTS helps children to carry out reading activities independently in the classroom and outside. Besides, teachers also have an important role in determining the Individual Learning Program to conduct learning activities using TTS technology.
Keywords: learning difficulties, dyslexia, Text-To-Speech (TTS)