Analisis Bentuk dan Interpretasi Permainan Piano Pada Komposisi Czardas Karya Vittorio Monti
Analysis of the Form and Interpretation of Piano Playing on the Composition of Czardas by Vittorio Monti
Czardas merupakan komposisi yang ditulis oleh Vittorio Monti di Era Romantik akhir yang memiliki ciri khas gaya musik tarian orang Romawi atau Gypsy Dance. Penelitian ini bertujuan membahas bentuk musik dan interpretasi komposisi Czardas dalam instrumen piano. Adapun teori penelitian yang digunakan yakni teori bentuk musik oleh Karl-Edmund Prier dan teori interpretasi milik Hermeren. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi; serta uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil analisis menunjukkan, komposisi Czardas memiliki empat bagian yaitu A–B–C–B’. Komposisi ini menggunakan sukat 2/4 dan 4/4 yang dimulai dari tempo largo dan berakhir pada tempo allegro vivace dengan modulasi dari D minor kemudian berakhir di akor D mayor. Adapun interpretasi dalam komposisi Czardas menunjukkan sisi folklore, dimana detail-detail ritmis dan movement tarian Gypsy dimunculkan melalui pergerakan dinamika, perubahan tempo, teknik, serta ornament dalam upaya perwujudan imajinasi akan tarian Gypsy yang lincah dan dinamis.
Kata Kunci: Vittorio Monti, Czardas, Bentuk Musik, Interpretasi.
Czardas is a composition written by Vittorio Monti in the late Romantic Era which has a characteristic style of Roman dance music or Gypsy Dance. This study aims to discuss the musical form and interpretation of Czardas' compositions on the piano instrument. The research theory used is the theory of musical form by Karl-Edmund Prier and Hermeren's theory of interpretation. The research method used is a qualitative research method. Research data obtained through observation, interviews, and documentation; and test the validity of the data using triangulation. The results of the analysis show that the composition of Czardas has four parts, namely A–B–C–B' with a binary rhythmic pattern. This composition uses 2/4 and 4/4 scales starting at the largo tempo and ending at the allegro vivace tempo with modulation from D minor then ending in a D major chord. The interpretation in Czardas' composition shows the folklore side, where the rhythmic details and movement of the Gypsy dance are brought up through dynamic movements, changes in tempo, technique, and ornamentation in an effort to manifest the imagination of the lively and dynamic Gypsy dance.
Keywords: Vittorio Monti, Czardas, Musical Form, Interpretation.