Peningkatan kinerja guru dapat dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, salah satunya yaitu kegiatan supervisi akademik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel supervisi akademik secara parsial terhadap variabel peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 3 Surabaya dan SMP Negeri 4 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menggambarkan ada dan tidaknya pengaruh supervisi akademik (X) terhadap peningkatan kinerja guru (Y). Penelitian ini menggunakan data primer berupa angket yang disebar kepada 84 responden, responden dalam penelitian adalah guru di SMP Negeri 3 Surabaya dan SMP Negeri 4 Surabaya. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS for Windows 25.0. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi parsial Product Moment dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel supervisi akademik terhadap peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 3 Surabaya dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan besar pengaruh variabel supervisi akademik terhadap peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 3 Surabaya berdasarkan perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 0,470 atau 47%. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel supervisi akademik terhadap peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 4 Surabaya dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan besar pengaruh variabel supervisi akademik terhadap peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 4 Surabaya berdasarkan perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 0,506 atau 50%. (3) secara keseluruhan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel supervisi akademik terhadap peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 3 Surabaya dan SMP Negeri 4 Surabaya dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan besar pengaruh variabel supervisi akademik terhadap peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 3 Surabaya dan SMP Negeri 4 Surabaya berdasarkan perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar 0,480 atau 48%.
Simpulan dari penelitian ini adalah supervisi akademik berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja guru di SMP Negeri 3 Surabaya dan SMP Negeri 4 Surabaya.
Kata kunci : supervisi akademik, kinerja guru
Improving teacher performance can be influenced by various factors, one of which is academic supervision activities. This research was conducted to determine the effect of partial academic supervision variables on the variable improvement in teacher performance in SMP Negeri 3 and SMP Negeri 4 Surabaya. This research used a quantitative approach to illustrate the presence and absence of the influence of academic supervision (X) on improving teacher performance (Y). This research used primary data in the form of a questionnaire distributed to 84 respondents, respondents in the study were teachers in SMP Negeri 3 and SMP Negeri 4 Surabaya. The data obtained is then processed using the SPSS application for Windows 25.0. Data analysis in this research used the partial correlation product moment analysis and coefficient of determination.
The result showed that (1) there is a significant influenced between the variables of academic supervision on increasing teacher performance in SMP Negeri 3 Surabaya with a significance value of 0,000 < 0,05 and the influence of academic supervision variables on increasing teacher performance in SMP Negeri 3 Surabaya based on the calculations coefficient of determination that is equal to 0,470 or 47%. (2) there is a significant influence between the variables of academic supervision on improving teacher performance in SMP Negeri 4 Surabaya with a significance value of 0,000 < 0,05 and the influence of academic supervision variables on increasing teacher performance in SMP Negeri 4 Surabaya based on the calculations coefficient of determination that is equal to 0,506 or 50%. (3) overall, there is a significant influence between the variables of academic supervision on increasing teacher performance in SMP Negeri 3 and SMP Negeri 4 Surabaya with a significance value of 0,000 < 0,05 and the influence of academic supervision variables on increasing teacher performance in SMP Negeri 3 and SMP Negeri 4 Surabaya based on the calculations coefficient of determination that is equal to 0,480 or 48%.
The conclusion of this research is that academic supervision has a significant effect on the improvement of teacher performance in SMP Negeri 3 and SMP Negeri 4 Surabaya.
Keywords : academic supervision, teacher performance