PERANCANGAN DESAIN USER INTERFACE WEBSITE METANESIA SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN EDUKASI
METANESIA WEBSITE USER INTERFACE DESIGN AS AN INFORMATION AND EDUCATIONAL MEDIA
Digitalisasi merubah media informasi dan komunikasi masyarakat dalam analog ke digital. Metaverse adalah evolusi dunia digital dalam bentuk 3D yang memungkinkan adanya pengalaman pengguna yang baru. Metaverse menggunakan teknologi extended reality (XR), devices, dan blockchain. Pada Metaverse pengguna dapat melakukan aktivitas yang sama pada dunia nyata, seperti bekerja, belajar, bermain, bertransaksi dan lain – lain. Metanesia adalah salah satu produk digital yang menggunakan teknologi Metaverse. Metanesia memerlukan media informasi untuk memperkenalkan produk mereka kepada publik. Sehingga untuk keperluan tersebut peneliti akan membuat media yang menjelaskan informasi secara detail dan mudah di akses oleh publik. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai Metanesia dan edukasi tentang Metaverse. Metodologi yang digunakan pada perancangan ini yaitu, pendekatan kualitatif, observasi, studi literatur dan dianalisis dengan metode SWOT. Metode perancangan yang digunakan adalah metode design thinking Kelley dan Brown dari IDEO yang terdiri dari tahap Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Hasil dari perancangan ini adalah desain user interface pada website yang memuat beragam informasi dan edukasi mengenai Metanesia serta Metaverse yang informatif dan komunikatif.
Digitalization changes the media of information and communication of society from analog to digital. Metaverse is the evolution of the digital world in 3D which enables new user experiences. Metaverse uses extended reality (XR), devices, and blockchain technology. In Metaverse users can perform the same activities in the real world, such as work, study, play, transact and others. Metanesia is a digital product that uses Metaverse technology. Metanesia needs information media to introduce their products to the public. So that for this purpose the researcher will create a media that explains the information in detail and is easily accessible by the public. This study aims to provide information about Metanesia and education about the Metaverse. The methodology used in this design is a qualitative approach, observation, literature study and analyzed using the SWOT method. The design method used is the Kelley and Brown design thinking method from IDEO which consists of the Emphatize, Define, Ideate, Prototype, and Test. The result of this design is a user interface design on the website that contains a variety of informative and communicative information and education about Metanesia and Metaverse.