Bina diri menggosok gigi merupakan kemampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan dasar hidupnya sehari-hari, khususnya dalam menggosok gigi. Kemampuan bina diri menggosok gigi penting untuk diajarkan kepada anak autis agar mereka dapat melakukan kegiatan menggosok gigi setiap hari dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan analisis tugas bermedia video terhadap kemampuan bina diri menggosok gigi anak autis di SLB Mutiara Hati Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah pre-experimental dengan menggunakan desain one grup pre-test post-test. Jumlah subjek dalam penelitian ini sebanyak 8 siswa autis. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode tes keterampilan dan tes pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan pada anak, hal ini dibuktikan dengan perhitungan wilcoxon match pairs yang menunjukkan Zhitung (Zh) = 2,52 lebih besar daripada nilai signifikan Ztabel = 1,65 (Zh > Zt) maka H nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis tugas bermedia video berpengaruh terhadap kemampuan bina diri menggosok gigi anak autis.
Kata Kunci: analisis tugas, menggosok gigi, autis
A self guide of brushing teeth is a person’s ability to fulfil the basic needs of daily life, especially in brushing teeth. It is important to teach autism children the ability to brush their teeth independently so that they can carry ouy brushing their teeth well every day. This research aims to determine the effect of implementing video based task analysis on the self guide ability to brush the teeth of autims children in SLB Mutiara Hati Surabaya.
This type of research is pre-experimental using a one group pre-test post-test design. The number of subjects in this research were 8 autism students. Data collection techniques were carried out through skills tests and knowledge tests. The results showed that there is a significant increase in children, this is proven by the Wilcoxon match pairs calculation which shows Zcount (Zh) = 2.52 which is greater than the significant value Ztable = 1.65 (Zh > Zt) so H zero (H0) is rejected and the working hypothesis (Ha) is accepted. Based on the research results, it can be concluded that task analysis using video media influences the self-development ability to brush the teeth of autism children.
Keywords: task analysis, brushing teeth, autism