ANALISIS PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SETELAH LATIHAN GYMNASTICS
ANALYSIS OF MOTOR DEVELOPMENT FOR CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS AFTER GYMNASTICS EXERCISE
Perubahan yang terjadi setelah anak mengikuti latihan gymnastics juga tergantung aktivitas rutin di kehidupan sehari-harinya. Hampir rata-rata anak berkebutuhan khusus saat berusia 7 tahun sudah tidak mengikuti terapi, tetapi mulai diikutkan untuk beraktivitas fisik seperti, gymnastics, balet, renang, bersepeda rutin dan lain sebagainya agar dapat membantu perkembangan motorik. Selain itu, peran orang tua juga sangat berpengaruh untuk perkembangan anak-anak usia dini, tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus. Jenis anak berkebutuhan khusus antara lain, Autism Spectrum Disorder rentan usia antara 7-14 tahun, Attention Deficit Hyperactivity Disorder rentan usia antara 7-14 tahun dan Down Syndrome rentan usia antara 5-10 tahun. Ada beberapa kondisi dimana usia anak sangat berpengaruh atas perkembangan motorik, untuk motorik kasar yaitu kelenturan, seiring bertambahnya usia, anak lebih kaku. Untuk motorik halus, rata-rata anak dapat mengembalikan mainan dengan inisiatif sendiri, tetapi masih juga ada yang harus selalu diingatkan. Untuk perilaku anak, rata-rata dapat beradaptasi dengan teman-teman baru atau lingkungan baru, tetapi ada juga yang masih menangis jika bertemu anak baru atau orang baru. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Chenges that occur after children participate in gymnastics exercise also depend on routine activities in daily life. Almost on average, children with special needs when they are 7 years old have not followed therapy, but have begun to participate in physical activities such as gymnastics, ballet, swimming, routine cycling, and so on in order to help motor development. In addition, the role of parents is also very influential for the development of early childhood, including children with special needs. Types of children with special needs, Autism Spectrum Disorders aged 7-14 years, Attention Deficit Hyperactivity Disorder aged 7-14 years, and Down Syndrome aged 5-10 years. There are several conditions where the age of the child is very influential on motor development, for gross motor skills, namely flexibility, as the child is older, the child is stiffer. For fine motor skills, the average child can return a toy on their own initiative, but there is still something that must always be reminded. For children’s behavior, on average they can adapt to new friends or a new environment, but there are also those who still cry when they meet new children or new people. This type of research is qualitative with a descriptive approach