Persepsi Guru terhadap Otonomi Pembelajar di Sekolah Menengah
Teachers' Perception towards Learner Autonomy in Secondary School
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gagasan guru mengenai otonomi pembelajar dan perbedaan signifikan dari gagasan tersebut antara guru dari urban dan rural area. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian ex post facto dan melibatkan 50 guru bahasa inggris sekolah tingkat menengah dari Jawa Timur. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan kuesioner sebagai alat untuk mendata opini guru terhadap otonomi pembelajar dan perbedaan signifikan persepsi antara guru di urban dan rural area. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap learner autonomy dapat dibagi menjadi 4 kategori; persepsi teknis, persepsi psikologis, persepsi politis, dan persepsi sosial-budaya. Kemudian hasil dari kuesioner menunjukkan bahwa guru lebih berfokus pada persepsi politis mereka terkait otonomi pembelajar. Hal ini dipastikan dengan peringkat skor rata-rata dari setiap kategori. Persepsi politis menempati urutan pertama dengan skor rata-rata 3,94. Peneliti menemukan tidak adanya perbedaan signifikan pada persepsi guru dari urban maupun rural area dari masing-masing kategori.
Kata Kunci: guru, persepsi, otonomi pembelajar
The purpose of this study was to gain the teachers’ idea about learner autonomy and significant different of the perception between teacher in urban and rural areas. This study was designed as ex post facto involving 50 secondary English teachers from East Java. In this project the researcher used questionnaire as the instrument. The result of this study showed that the teachers’ perspectives can be divided by 4 categories; technical perspectives, psychological perspectives, political perspectives, and socio-cultural perspectives. Then, the result of the questionnaire showed that teachers more concerned about their political perspectives of learner autonomy. It is determined by the rank of the mean of each category. Political perspectives placed on the first rank with 3.94 as the mean. The researcher find out there is no significant different of the perception of the teachers from urban and rural area for each categories.
Keywords: teachers, perception, learner autonomy