TEACHERS’ TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) OF ENGLISH BLENDED-LEARNING COURSE IN TERTIARY LEVEL
ABSTRAK
Yatun. (2021). Teachers’ Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) of English Blended-Learning Course in Tertiary Level. Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D dan (II) Dra. Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum., M.A., Ph.D.
Keywords: Pengetahuan guru, TPACK, penggabungan teknologi, pengetahuan tentant teknology, pengetahuan tentang strategi mengajar, pengetahuan tentang materi, pembelajaran campuran.
Penggabungan teknologi dalam kegiatan mengajar merupakan salah satu strategi pembelajaran yang sangat dibutuhkan dalam kondisi saat ini dimana dampak dari pandemi Covid-19 telah merambah di berbagai aspek kehidupan termasuk dalam bidang pendidikan. Semakin tinggi tuntutan dalam pembelajaran berbasis teknologi harus diikuti dengan keahlian dan pengetahuan guru di bidang yang sama. Oleh karena itu, pengetahuan dari TPACK yang diartikan sebagai pengetahuan guru mengenai penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar merupakan faktor utama yang harus dimiliki sebelum melakukan pembelajaran dengan teknologi. Memahami pengertian dari TPACK dapat memberikan informasi terkait dengan cara merancang pembelajaran berbasis teknologi yang afektif. Karena pengetahuan ini terdiri dari tiga komponen pengetahuan yang digunakan dalam pembelajaran termasuk pengetahuan teknologi, pedagogis dan konten/ materi.
Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru tentang pengetahuan TPACK yang digunakan dalam proses pembelajaran dan bagaimana guru menggunakan pengetahuan TPACK mereka dalam kegiatan belajar-mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mengkaji jawaban dari wawancara guru dan fenomena proses belajar mengajar yang meliputi penggunaan teknologi, konten materi dan juga aktivitas pembelajaran. Data dikumpulkan dari dua guru perempuan yang mengajar sistem blended-learning atau pembelajaran campuran dengan empat kali observasi dan wawancara pribadi. Guru yang mengajar system blended-learning dipilih karena penggunaan teknologi merupakan faktor utama dalam merancang kegiatan pembelajaran.
Selanjutnya, hasil dari wawancara menunjukkan bahwa guru menganggap pengetahuan TPACK yang digunakan dalam proses belajar mengajar sebagai penggunaan LMS dan penggunaan perangkat pembelajaran kolaboratif. Hal ini dilihat dari jenis-jenis teknologi yang digunakan, fitur-fitur yang tersedia di dalam aplikasi dan fungsi masing-masing dari fitur-fitur tersebut yang memiliki persamaan kriteria dengan LMS. Penggunaan teknologi juga dipersepsikan sebagai penggunaan perangkat pembelajaran kolaboratif dimana berbagai perangkat teknologi yang disediakan oleh guru memiliki fungsi dan kriteria yang sama sebagai perangkat pembelajaran kolaboratif. Lebih lanjut, hasil dari observasi menunjukkan bahwa guru menunjukan 22 dan 24 dari 33 kriteria TPACK di dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini berarti guru telah memenuhi dan melaksanakan sebagian besar kriteria praktik TPACK dalam proses belajar mengajar.
ABSTRACT
Yatun. (2021). Teachers’ Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) of English Blended-Learning Course in Tertiary Level. Unpublished thesis, the Degree of Magister in the Education of Language and Literature, Post Graduate Program of State University of Surabaya. First advisor: (I) Ahmad Munir, S.Pd., M.Ed., Ph.D and second advisor (II) Dra. Pratiwi Retnaningdyah, M.Hum., M.A., Ph.D.
Keywords: Teachers’ knowledge, TPACK, technology integration, technological knowledge, content knowledge, pedagogical knowledge, blended learning.
Technology integration is one of teaching strategies that urgently required in recent condition when the effect of global pandemic has been reached many aspects of life including in education. The higher demand for technology-enhanced learning should be followed by the teachers’ expertise in the same area. Therefore, TPACK knowledge which is described as the knowledge of technology integration in the teaching and learning process is the main factor that teachers should acquire before conducting learning with technology. Understanding the TPACK knowledge gives the information related to the way of designing successful technology-enhanced learning. Since this knowledge consists of three components of teaching knowledge including technological, pedagogical, and content knowledge.
In addition, this research is aimed to describe teachers’ perception of TPACK knowledge used in the learning process and how teachers used their TPACK knowledge in teaching practice. This research is a qualitative descriptive research study that investigated teachers’ answers to interview and the phenomena of teaching and learning process included the use of technology, the content material and also the learning activity. The data was gathered from two female blended learning teachers with four times of observation and personal interviews. Blended learning teachers were chosen because technology integration is the main factor in designing the lesson activity.
Furthermore, the finding showed that teachers perceived the TPACK knowledge used in the teaching and learning process as the use of the Learning Management System. This included the kind of technology used, the features available in the platform and the function of each feature which has similar criteria to LMS. The used of TPACK knowledge is also perceived as the use of collaborative learning tools in which various technology tools provided by teachers have the same function and criteria as collaborative learning tools. The teaching practice showed that teachers promoted 22 and 24 out of 33 criteria of TPACK in practice which represented the TPACK knowledge. This meant that teachers have fulfilled and performed mostly criteria of TPACK in practice in the teaching and learning process.