Jurnal pembelajaran merupakan suatu catatan pemikiran siswa selama kegiatan belajar mengajar. Jurnal pembelajaran memiliki beberapa kriteria antara lain, tugas menulis secara individu, menulis berdasarkan topik pada materi, deskripsi materi, tambahan ide/ pemikiran pada jurnal pembelajaran terhadap materi pembejalaran, dan keterampilan penyelesaian masalah pada jurnal pembelajaran. Di samping itu, dalam pengimplementasian jurnal pembelajaran, siswa tidak menyangkup semua criteria yang terdapat pada jurnal pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendescripsikan sejauh mana jurnal pembelajaran yang ditulis oleh siswa menyangkup kriteria yang diberikan. Desain penelitian dari penelitian ini adalah kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu tiga mahasiswa dari jurusan Bahasa Inggris di salah satu universitas negeri di Surabaya, dan seorang dosen sebagai subjek pendukung dalam pengumpulan data. Wawancara semi terstruktur dan dokumen pra-rekaman digunakan untuk mengumpulkan data. Kemudian, data yang terkumpul dianalisis dan dijabarkan secara spesifik berdasarkan interpretasi peneliti secara deskriptif. Dengan demikian, temuan telah menunjukkan lima kesimpulan. Pertama, jurnal pembelajaran siswa melengkapi kriteria sebagai tugas menulis individu dengan memberi identitas pribadi siswa. Kedua, jurnal pembelajaran siswa melengkapi kriteria menulis berdasarkan topik materi dengan menulis berdasarkan topic yang diberikan oleh guru. Ketiga, jurnal pembelajaran siswa melengkapi kriteria deskripsi materi dengan memberikan deskripsi singkat dari material dengan menggunakan bahasa sendiri. Keempat, jurnal pembelajaran siswa tidak melengkapi kriteria pemberian ide tambahan pada jurnal pembelajaran terhadap materi ajar. Kelima, jurnal pembelajaran siswa melengkapi kriteria keterampilan penyelesaian masalah pada jurnal pembelajaran siswa dengan bertanya dan menuliskan jawaban dari pertanyaan di jurnal pembelajaran.
A learning journal is a kind of record of the students’ thought during teaching and learning materials. It has several criteria such as, an individual writing task, writing based on topics of the materials, description of the materials, additional ideas on their learning journals toward learning materials, and problem-solving skills on their learning journals. On the other hand, in the implementation of learning journals, students do not fulfill the whole criteria of writing their learning journals. The purpose of this study was to describe the extent to which learning journal written by students fulfill the criteria given. The basic interpretive research of this study used qualitative approach. The subjects of this study were three students from English Department in one of university in Surabaya, and the teacher as the supporting subject in collecting the data. The semi-structured interview and prerecorded documents were applied to collect the data. Then, the data obtained were analyzed and explained specifically based on the researcher’s interpretation descriptively. Thus, the findings have shown five conclusions. First, the students complete learning journals as an individual writing task by giving students’ personal identity. Second, the students complete learning journals in writing based on topics of the materials by taking the topics based on topics given by the teacher. Third, the students complete learning journals in describing the materials by giving brief description of the materials by using their own words. Fourth, the students did not complete learning journals in giving additional ideas on their learning journals toward learning materials. Fifth, the students complete learning journals in solving their problems in learning materials on their learning journals by asking questions and writing the answers on the learning journals.