Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO “SOMMERFERIEN - PERFEKT” PADA SITUS DE.ISLCOLLECTIVE.COM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS XII-MIPA 4 SMAN 15 SURABAYA
Kode Dokumen
:
0003/FBS-PJER/2024
Penulis Utama
:
FREDERICA JEVITA ARTANTI
NIM Penulis Utama
:
19020094017
Tahun
:
2024
Judul ID
:
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO “SOMMERFERIEN - PERFEKT” PADA SITUS DE.ISLCOLLECTIVE.COM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS XII-MIPA 4 SMAN 15 SURABAYA
Judul EN
:
THE EFFECT OF USING THE VIDEO MEDIA "SOMMERFERIEN - PERFEKT" ON THE SITE DE.ISLCOLLECTIVE.COM ON LEARNING OUTCOMES IN LISTENING SKILLS OF STUDENTS IN CLASS XII-MIPA 4 SMAN 15 SURABAYA
Sumber
:
UNESA - Fakultas Bahasa dan Seni - Jurusan S1 Pendidikan Bahasa Jerman - 19020094017 - 2024
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
Video-Lektionen pada website de.islcollective.com menjadi salah satu media pembelajaran yang
digunakan di SMAN 15 Surabaya. Berdasarkan hasil observasi peneliti pada suatu kelas, ditemukan
kondisi bahwa kebanyakan siswa lebih paham akan materi yang diajarkan menggunakan media tersebut.
Penelitian ini dilakukan guna untuk membuktikan pengaruh dari media Video-Lektionen pada website
de.islcollective.com terhadap hasil belajar siswa yang difokuskan untuk keterampilan menyimak.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif
Quasi Eksperimental
dengan desain
One Group Pre-test
Post-test.
Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa dari kelas XII di SMAN 15 Surabaya.
Sementara itu diambil sampel dengan teknik
purposive sampling
yakni seluruh siswa kelas XII MIPA 4 di
SMA Negeri 15 Surabaya yang berjumlah 36 siswa. Hasil uji N-Gain menggunakan SPSS 29.0
menghitung nilai pretest dan posttest menunjukkan score 0,57 dengan persentase sebesar 58% yang
menyatakan media yang digunakan cukup efektif. Sedangkan hasil uji hipotesis berbantuan SPSS 29.0
menggunakan perhitungan
paired sample t-test
didapatkan signifikansi sebesar <.001 jika diuraikan
menjadi 0,000000034967 dengan taraf signifikansi 5% (0,05) yang menyatakan bahwa hipotesis nol (H
0
)
ditolak dan hipotesis satu (H
1
) diterima yang menyatakan bahwa media
Video-Lektionen “Sommerferien -
Perfekt”
memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Kata Kunci:
Video-Lektionen, ISL Collective
, Keterampilan Menyimak.
Abstrak EN
:
Video-Lektionen on the website de.islcollective.com is one of the learning media used at SMAN 15
Surabaya. Based on the researcher's observation in a class, it was found that most students understood the
material taught using the media. This study was conducted to prove the effect of Video-Lektionen media
on the de.islcollective.com website on student learning outcomes focused on listening skills. This
research uses quantitative Quasi Experimental method with One Group Pre-test Post-test design. The
population in this study were all students from class XII at SMAN 15 Surabaya. Meanwhile, the sample
was taken with purposive sampling technique, namely all students of class XII MIPA 4 at SMA Negeri 15
Surabaya, totaling 36 students. The results of the N-Gain test using SPSS 29.0 calculating the pretest and
posttest scores showed a score of 0.57 with a percentage of 58% which stated that the media used was
quite effective. While the results of hypothesis testing assisted by SPSS 29.0 using the calculation of
paired sample t-test obtained a significance of <.001 when decomposed into 0.000000034967 with a
significance level of 5% (0.05) which states that the null hypothesis (H
0
) is rejected and hypothesis one
(H
1
) is accepted which states that the Video-Lektionen media "Sommerferien - Perfekt" has a significant
effect on student learning outcomes.
Keywords:
Video-Lektionen, ISL Collective, Listening Skills
Link Artikel
File Abstrak
File Lampiran