Moodle adalah platform e-learning
yang menyediakan pembelajaran yang efektif dan efisien dengan memungkinkan
pengguna untuk membuat, mengelola, dan menyampaikan pembelajaran. Namun pada
saat Moodle menerapkan model pembelajaran sistem, belum jelas apakah model yang
digunakan adalah Project Based Learning (PjBL) atau pembelajaran konvensional.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketersediaan pembelajaran
berbasis proyek di Moodle, sehingga membantu siswa dalam meningkatkan
kompetensi pemrograman web mereka secara keseluruhan.
Proses pembuatan dan
pengembangan modul e-logbook meliputi analisis, desain, pengembangan,
pengujian, dan implementasi program. Berikut merupakan hasil validasi (1)
penilaian media dari guru SMKN 10 Surabaya dan Dosen Teknik Informatika Unesa
mencapai 95% dengan kategori sangat layak untuk diuji kepada siswa, (2)
penilaian modul e-logbook dari guru SMKN 10 Surabaya dan Dosen Teknik
Informatika Unesa mencapai 92% dengan kategori sangat layak diuji kepada siswa
(3) penilaian meteri dari guru SMKN 10 Surabaya dan Dosen Teknik Informatika
Unesa mencapai 80% dengan kategori layak diuji kepada siswa.
Posttest dan proyek
dilakukan untuk mengetahui tingkat kompetensi. Hasil uji Independent t-test
posttest Thitung > Ttabel dengan skor 8,053 >1,997 dan uji Independent
t-test project Thitung > Ttabel dengan skor 5,624 >1,997 menunjukkan
adanya peningkatan pada posttest dan project skor untuk kelas kontrol dan
eksperimen. tanda itu. (2-tailed) data post-test dan proyek adalah 0,000 <
0,05, yang menunjukkan bahwa modul e-logbook di moodle dengan model
pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan dasar-dasar pemrograman web.
Kata
Kunci : E-Learning, E-logbook,
Modul, Moodle, Platform.