Berkaca pada pendidikan yang digadang oleh pemerintah dengan mengedepankan siswa yang dituntut aktif didalam kelas, maka dibutuhkan kreatifitas guru sebagai penunjang peningkatan kinerja guru. Dalam konteks pendidikan di Indonesia, persoalan tentang mutu pendidikan di Indonesia telah lama menjadi sorotan dari berbagai perspektif dan cara pandang. Salah satu sorotan terhadap rendahnya mutu pendidikan di Indonesia, sebagiannya dikaitkan dengan profesionalisme guru. studi yang dilakukan Jhon Hattie dari Universitas Auckland memperlihatkan bahwa prestasi belajar siswa ditentukan oleh sekitar 49% dari faktor karakteristik siswa sendiri, dan 30% berasal dari faktor guru. Karena alasan inilah maka pemerintah selalu berupaya keras untuk meningkatkan mutu guru melalui program-program peningkatan dan pengembangan profesionalisme guru. Indikator keberhasilan dalam sertifikasi itu dapat diukur dari kompetensi, kinerja pendidik, serta dampaknya terhadap kualitas belajar siswa. Keberhasilan itu ditunjukkan dengan berbagai indikator sikap, tindakan, dan perilaku produktif dan kreativitas dalam proses pembelajaran yang diciptakannya. Mereka juga mempunyai kompetensi dan kecakapan dalam mengelola kegiatan belajar siswa sebanyak mungkin sehingga pada gilirannya akan dapat meningkatkan kualitas belajar siswa sebagai ukuran akhir (ultimate measure) dari mutu pendidikan. Ditemukan dalam berbagai penelitian bahwa guru merupakan faktor yang paling inti dalam memacu kualitas pendidikan, sehingga peningkatan kualitas profesi guru adalah sebuah keniscayaan. Pendidik yang profesional memiliki seperangkat kompetensi yang dipersyaratkan untuk menopang tugas dan fungsinya sebagai pendidik. Pendidik profesional tidak sekedar menguasai bidang ilmu, bahan ajar, dan metode, tapi juga harus mampu memotivasi peserta didik, memiliki kecakapan yang tinggi dan berwawasan luas. Sehubungan dengan itu, kompetensi guru ini telah dipersyaratkan oleh Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP) Pasal 28 ayat (3) yang meliputi: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dasar dalam penelitian, yaitu Adakah Pengaruh Sertifikat Pendidik Terhadap Kinerja Guru SD se-Kecamatan Mojowarno, Jombang. Hasil penelitian ini akan memberikan informasi tentang efektivitas sertifikat pendidik dan imbas yang diberikan bagi peningkatan mutu pendidik serta kontribusinya bagi sekolah.
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik sebaran angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Kepala Koordinator Wilayah kecamatan Mojowarno, Kepala Sekolah, Guru dan Siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil yang diperoleh yaitu pengaruh sertifikat pendidik terhadap kinerja guru sekolah dasar sekecamatan Mojowarno Jombang
Kata Kunci: Sertifikat Pendidik, Kinerja Guru
Reflecting on education that is maintained by the government by prioritizing students who are demanded to be active in the classroom, it requires teacher creativity as a support for improving teacher performance. In the context of education in Indonesia, the issue of the quality of education in Indonesia has long been in the spotlight from various perspectives and perspectives. One of the highlights of the low quality of education in Indonesia, in part is attributed to teacher professionalism. a study conducted by Jhon Hattie from the University of Auckland showed that student learning achievement was determined by around 49% of the students' own characteristics, and 30% came from teacher factors. For this reason, the government always strives to improve the quality of teachers through improvement programs and the development of teacher professionalism. The indicators of success in certification can be measured by competence, educator's performance, and the impact on the quality of student learning. Success is indicated by various indicators of attitudes, actions, and productive behavior and creativity in the learning process that it creates. They also have the competence and skills in managing student learning activities as much as possible so that in turn they can improve student learning quality as the ultimate measure of educational quality. It was found in various studies that teachers are the most important factor in spurring the quality of education, so improving the quality of the teaching profession is a necessity. Professional educators have a set of competencies required to support their duties and functions as educators. Professional educators not only master the fields of science, teaching materials, and methods, but also must be able to motivate students, have high skills and broad insight. In connection with this, teacher competency has been required by the Republic of Indonesia Government Regulation Number 19 of 2005 concerning National Education Standards (SNP) Article 28 paragraph (3) which includes: pedagogic competencies, personality competencies, professional competencies, and social competencies. This study aims to answer the basic questions in the study, which is the Effect of Educator Certificates on the Performance of Elementary School Teachers in Mojowarno Subdistrict, Jombang. The results of this study will provide information on the effectiveness of educator and impact certificates given to improving the quality of educators and their contribution to schools.The research method used is qualitative descriptive. Data collection techniques in this research use interview, observation, and documentation techniques. Data sources in this research were the headmaster, teacher, dance coach, and students. Data analysis techniques that used in this reseacrh are data reduction, data presentation, and verification.
The research method used is descriptive qualitative. Data collection techniques using questionnaire distribution techniques, interviews, observation, and documentation. The data sources in this study were the Regional Chief Coordinator of Mojowarno sub-district, Principal, Teachers and Students. Data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and verification. The results obtained were the effect of educator certificates on the performance of elementary school teachers in Mojowarno Jombang district
Keywords: Educator Certificate, Teacher Performance