Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran yang layak dengan menggunakan model advance organizer untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Spesifikasi produk dari perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi Silabus, RPP, Bahan Ajar Siswa, LKS, Soal Kemampuan Berpikir Kritis, dan Angket Respon Siswa. Model pengembangan yang digunakan yaitu model 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Pengumpulan data dilakukan melalui validasi, observasi,tes, dang angket dengan menggunakan satu kelas penelitian. Data hasil penelitian yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan: (1) validitas perangkat pembelajaran dengan rata-rata 3,5-4 dengan kategori valid dan sangat valid, (2) kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran yang mendapatkan skor rata-rata dengan kategori baik dan sangat baik, dan (3) keefektifan perangkat pembelajaran ditinjau dari peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa: kelas XI-IPA 3 mendapat skor rata-rata 79,69 dengan kategori kritis, kelas XI-IPA 4 mendapat skor rata-rata 75,20 dengan kategori kritis, dan kelas XI-IPA 6 mendapat skor rata-rata 79,27 dengan kategori kritis, serta angket respon siswa yang mendapat persentase respon sangat baik untuk ketiga kelas. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan model advance organizer layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
The purpose of this research was aimed to produce the learning material with advance organizer model to improve critical thinking skill. The specification products of learning material which was developed include Syllabus, Lesson Plan, Student Handbook, Student Worksheet, Test of Critical Thinking Skills, and Student Response Questionnaire. This research used 4D model from Thiagarajan which consist of define, design, develop, and disseminate. The data were collected through validation, observation, test, and questionnaire by using one class. Data of the research were analyzed descriptively quantitative and qualitative. Result of research showed that: (1) the validity of learning material showed the average 3,5-4 with valid and very valid categories, (2) practicality of learning devices in terms of the implementation of learning get an average score good and very good categories, and (3) effectiveness of learning device with increased critical thinking skills, first class get sore 79,69 with critical categories, second class get score 75,20 with critical categories, and third class get score 79,27 with critical categories. And responses students get percentage response is very good. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the learning material with advance organizer model is feasible to be used to improve student critical thinking skills.