Perancangan Media Promosi untuk Rolag Kopi Kayoon di Masa Pandemi
Promotional Media Design for Rolag Kopi Kayoon in the Pandemic Period
Perkembangan desain saat ini membuat banyak media promosi semakin modern dan lebih berkembang. Hal ini membuat para pebisnis lama telat mengikuti gaya desain yang modern. Namun hal itu dapat disiasati dengan menawarkan gaya desain modern untuk para pebisnis agar meningkatkan target market mereka. Media promosi ini memiliki banyak kelebihan selain menjangkau target market yang lebih luas, juga menjadi perkembangan untuk para pebisnis coffee shop. Perkembangan coffee shop di Surabaya mengalami peningkatan yang cukup besar sehingga hal ini menimbulkan keanekaragaman gaya. Banyak ditemui coffee shop baru di setiap sudut kota Surabaya. Seperti halnya Rolag Kopi Kayoon, yang merupakan sebuah kafe yang berada di kawasan Kayoon, Surabaya. Image Rolag Kopi Kayoon dalam benak konsumen merupakan sebuah kafe yang menjual beraneka jenis minuman dan makanan dengan harga standart. Dalam masalah ini, Rolag Kopi Kayoon memerlukan media promosi yang efektif dan efisien. Tujuan dari membuat perancangan ini adalah terciptanya media promosi yang menarik dan kreatif sehingga dapat meningkatkan daya tarik konsumen agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan di harapkan dapat meningkatkan angka penjualan. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode kualitatif. Dimana peneliti akan menghasilkan data deskriptif yang didapatkan di lapangan, kemudian di deskripsikan dalam laporan penelitian secara rinci, yang digunakan untuk menjelaskan keadaan lapangan dengan detail melalui pengumpulan data yang dilakukan dan kemudian menggambarkannya dengan penjelasan lebih rinci terkait permasalahan yang diajukan. Dengan beberapa media yang dirancang berupa poster, brosur, stiker, kartu nama, dengan pilihan media utama feed instagram.
Current design developments make many promotional media more modern and more developed. This makes the old businessman late to follow the modern design style. However, this can be circumvented by offering a modern design style for business people to increase their target market. This promotional media has many advantages in addition to reaching a wider target market, it is also a development for coffee shop businessmen. The development of coffee shops in Surabaya has increased quite a lot so that this creates a variety of styles. Many new coffee shops are found in every corner of the city of Surabaya. Like Rolag Kopi Kayoon, which is a cafe located in the Kayoon area, Surabaya. Image Rolag Kopi Kayoon in the minds of consumers is a cafe that sells various types of drinks and food at standard prices. In this case, Rolag Kopi Kayoon requires an effective and efficient promotional media. The purpose of making this design is the creation of attractive and creative promotional media so that it can increase consumer attractiveness so that they can reach a wider market and are expected to increase sales figures. The method used in this design is a qualitative method. Where the researcher will produce descriptive data obtained in the field, then described in a detailed research report, which is used to explain the state of the field in detail through data collection carried out and then describe it with a more detailed explanation of the problems posed. With several media designed in the form of posters, brochures, stickers, business cards, with a choice of main media, Instagram feeds.