PENGEMBANGAN BUKU CERITA ABALABA UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANTI NARKOBA PADA ANAK USIA DINI
DEVELOPMENT OF ABALABA STORY BOOKS TO IMPROVE ANTI-DRUGS KNOWLEDGE IN EARLY CHILDREN
Penyalagunaan narkoba di Indonesia semakin merajalela, maka dari itu sangat diperlukan seorang pendidik untuk mengenalkan bahaya penyalahgunaan narkoba pada anak usia dini. Berdasarkan hal tersebut, tingkat kesadaran dalam pengetahuan pencegahan penyalagunaan narkoba untuk anak usia dini harus ditingkatkan lagi dengan menggunakan media dalam melakukan pembelajarannya, agar anak mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Materi dalam meningkatkan pengetahuan anti narkoba pada anak terdiri dari: 1) Pengetahuan spiritual, 2) Pengetahuan hidup jujur, dan 3) Pengetahuan hidup sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan buku cerita ABALABA untuk meningkatkan pengetahuan anti narkoba pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini yaitu 10 anak peserta didik kelompok B1 di TK Dharma Wanita Bandarkedungmulyo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan buku cerita ABALABA dari hasil validasi oleh para ahli materi mendapatkan hasil 100% dan kelayakan ahli media mendapatkan hasil 85,29% yang berarti buku cerita ABALABA sangat layak digunakan digunakan untuk anak usia 5-6 tahun. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa Asymp. Sing. (2-tailed) sebesar 0,004 sehingga 0,004 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata pretest dengan posttest yang mengalami kenaikan nilai skornya pada hasil posttest. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut buku cerita ABALABA efektif untuk meningkatkan pengetahuan anti narkoba pada anak usia dini.
Kata Kunci: Buku Cerita, Pengetahuan Anti Narkoba, Anak Usia Dini
Drug abuse in Indonesia is increasingly rampant, therefore it is very necessary for an educator to introduce the dangers of drug abuse in early childhood. Based on this, the level of awareness in knowledge of drug abuse prevention for early childhood must be increased again by using the media in carrying out their learning, so that children can easily understand the material presented by the teacher. Materials in increasing anti-drug knowledge in children consist of: 1) Spiritual knowledge, 2) Knowledge of honest living, and 3) Knowledge of healthy living. This study aims to determine the feasibility and effectiveness of ABALABA story books to increase anti-drug knowledge in early childhood. This study uses a research development model (Research and Development) with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The subjects in this study were 10 children of group B1 students at Dharma Wanita Kindergarten Bandarkedungmulyo. The results of this study indicate that the feasibility of ABALABA story books from the results of validation by material experts obtained 100% results and the feasibility of media experts obtained 85.29% results, which means that ABALABA story books are very suitable for use for children aged 5-6 years. Wilcoxon test results show that Asymp. sing. (2-tailed) of 0.004 so that 0.004 <0.05 then H0 is rejected and H1 is accepted. So it can be concluded that there is a difference in the average pretest and posttest which has an increase in the score on the posttest results. Based on the results of these calculations, ABALABA story books are effective in increasing anti-drug knowledge in early childhood.
Keywords: Story Books, Anti-Drug Knowledge, Early Childhood