ABSTRAK
PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP LOYALITAS DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA KONSUMEN J.CO DONUTS & COFFEE DI SURABAYA
Nama : Muhammad Adam
NIM : 13080574 146
Program Studi : S-1
Jurusan : Manajemen
Fakultas : Ekonomi
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Sanaji, S.E., M.Si
Seiring berkembangnya waktu, perkembangan bisnis juga tumbuh semakin pesat. Salah satunya adalah toko donat J.CO Donuts & Coffee yang hadir dengan pendekatan experiential marketing, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman secara menyeluruh pada konsumen melalui 5 dimensi sense, feel, think, act dan relate hingga mencapai tingkat kepuasan yang berpengaruh pada loyalitas konsumen yang lebih tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membahas pengaruh experiential marketing, terhadap loyalitas melalui kepuasan sebagai variabel intervening.
Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang sedang mengonsumsi langsung di J.CO Donuts & Coffee Marvel City Mall dan berusia 16 tahun keatas yang pernah melakukan pembelian minimal dua kali atau lebih. Metode penentuan sampel adalah non probability sampling dan Teknik pengambilan sampel menggunakan judgmental sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 220. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data menggunakan path analisis dengan program AMOS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Dan experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas. Dengan kepuasan sebagai variabel intervening antara experiential marketing dan loyalitas.
Kata kunci: experiential marketing, kepuasan konsumen, loyalitas konsumen
ABSTRACT
THE EFFECT OF EXPERIENTIAL MARKETING ON LOYALTY WITH SATISFACTION AS A VARIABLE OF VARIABLES TO CONSUMERS J.CO DONUTS & COFFEE IN SURABAYA
Name : Muhammad Adam
Registration Number : 13080574 146
Study Program : S-1
Department : Management
Faculty : Economic
Institution : University State of Surabaya
Adviser : Sanaji, S.E., M.Si.
As time went on, business development also grew more rapidly. One of them is the J.CO Donuts & Coffee donut shop, which comes with an experiential marketing approach, which aims to provide consumers with a holistic experience through 5 dimensions of sense, feel, think, act and relate to achieve a level of satisfaction that affects consumer loyalty more high. The purpose of this study was to analyze and discuss the influence of experiential marketing, on loyalty through satisfaction as an intervening variable..
Respondents in this study were consumers who were eating directly at J.CO Donuts & Coffee Marvel City Mall and aged 16 years and over who had made purchases at at least twice or more. Sampling method is non probability sampling and the sampling technique uses judgmental sampling. The sample used was 220. The data collection technique used in this study was a questionnaire. Data analysis techniques used path analysis with the AMOS program.
The results of this study indicate that experiential marketing has a positive and significant effect on satisfaction. Satisfaction has a positive and significant effect on loyalty. And experiential marketing has a positive and significant effect on loyalty. With satisfaction as an intervening variable between experiential marketing and loyalty.