ABSTRAK
EFEKTIVITAS PENERAPAN PERMAINAN TRADISONAL ENGKLEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN LIDAH WETAN II/462 SURABAYA
Nama : Alifah Kusumaningsih
NIM : 15010644041
Program Studi/Jurusan : S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Suryanti, M.Pd.
Aktivitas anak pada usia sekolah dasar selain belajar adalah bermain. Penggunaan permainan dalam pembelajaran perlu dikembangkan untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna. Permainan yang dapat dikembangkan adalah permainan tradisional. Di Indonesia terdapat berbagai macam permainan tradisional salah satunya adalah engklek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan permainan tradisional engklek dalam pembelajaran IPA kelas IV serta untuk mengetahui efektivitas penerapan permainan tradisional engklek terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Lidah Wetan II/462 Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunkan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes (pretest dan posttest). Data penelitian dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui signifikansi perbedaan hasil belajar serta uji effect size untuk mengetahui efektivitas penerapan permainan tradisional engklek terhadap hasil belajar.
Hasil penelitian ini adalah menunjukan bahwa penerapan permainan tradisional engklek efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan uji effect size menunjukan 0,87 dengan presentase 79% dan dikategorikan tinggi. Diperkuat dengan perhitungan perhitungan uji t-test diperoleh hasil pada Sig.(2tailled) dengan nilai nignifikan yaitu 0,00 < 0,05 sehingga diketahui terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara pembelajaran yang menerapkan permainan tradisional engklek dengan pembelajaran konvensional. Pada kelas eksperimen diperoleh N-Gain hasil belajar siswa dengan penerapan permainan tradisional engklek diperoleh 4 siswa kategori peningkatan tinggi dan 34 kategori sedang sehingga nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,52 yang menunjukan kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukan adanya perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara pembelajaran yang menerapkan permaianan engklek dan pembelajaran konvensional dan penerapan permainan engklek efektif dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa.
Kata Kunci : Permainan Tradisional, Engklek, Hasil Belajar, IPA
ABSTRACT THE EFFECTIVENESS OF ENGKLEK TRADITIONAL GAME IMPLEMENTATION ON SCIENCE STUDENT LEARNING OUTCOMES IN FOURTH GRADE STUDENTS OF LIDAH WETAN II / 462 ELEMENTARY SCHOOL SURABAYA
Name : Alifah Kusumaningsih NIM : 15010644041 Department : Primary School Teacher Education Faculty : Faculty of Education Name of Institution : State University Of Surabaya Advisor : Dr. Suryanti, M.Pd.
Child activities in elementary school age besides learning is playing. The use of games in learning needs to be developed to create fun and meaningful learning. Games that can be developed are traditional games. In Indonesia there are variety of traditional games, one of them is Engklek. This research aims to determine the implementation of engklek traditional game in science learning at fourth grade and to know the effectiveness of engklek traditional game implementation towards the science student learning outcomes at Lidah Wetan II/462 Elementary School Surabaya.
This research is experimental research. The research design used in this study was experimental design quasi with a form of Nonequivalent Control Group Design. The sampling technique in this study is a purposive sampling technique. The data collection techniques used are observation and tests (pretest and posttest). The research data was analyzed using t-test to determine the significance of the increase in the average learning outcomes as well as the test effect size for the effectiveness of the implementation of traditional engklek traditional game towards the learning outcomes.
The results of this study demonstrated that the engklek traditional game implementation is effective to improve student learning outcomes. This is based on the test effect showing 0.87 with a percentage of 79% and is categorized as high. Reinforced by the calculation of t-test obtained by the results on Sig. (2tailled) with a significant value of 0.00 < 0.05 so that there are known differences of student learning outcomes between learning that apply the engklek traditional game and conventional learning. In the experimental class acquired N-Gain student learning outcomes with engklek traditional game implementation gained four students of high increase category and thirty four of medium category so the average value of N-Gain of 0.52 showing the medium criteria of improvement. Based on the results obtained indicates there is a significant difference in the science learning outcomes that apply engklek traditional game and conventioal learning and implementation of the engklek game can effectively improve the science student learning outcomes.
Keywords: traditional games, Engklek, learning outcomes, Science