Proses kognitif adalah tahapan-tahapan aktivitas mental manusia dalam menerima, mengolah, dan menggunakan informasi. Salah satu proses kognitif manusia yang mendasar adalah menyelesaikan masalah. Proses kognitif dapat dipengaruhi oleh kecemasan matematika. Kecemasan matematika adalah suatu kondisi dimana siswa merasa tidak tenang atau cemas yang mengganggu kinerja siswa dalam mempelajari, memahami, dan melatih diri dalam menyelesaikan masalah matematika serta menyebabkan berkurangnya kepercayaan diri siswa terhadap kemampuannya menyelesaikan masalah matematika. Pada topik pengukuran luas, guru cenderung melewatkan konsep luas termasuk konsep konservasi luas dan memberikan rumus luas bangun pada siswa. Konservasi luas merupakan suatu konsep untuk memodifikasi bentuk atau posisi suatu bangun datar tanpa mengubah luas bangun tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan proses kognitif siswa dalam menyelesaikan masalah konservasi luas ditinjau dari tingkat kecemasan matematika. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 3 siswa Kelas VIII-B SMPN 1 Sukodono yaitu satu siswa dengan tingkat kecemasan matematika rendah, satu siswa dengan tingkat kecemasan matematika sedang, dan satu siswa dengan tingkat kecemasan matematika tinggi yang memiliki kemampuan matematika setara.
Hasil penelitian ini menunjukkan deskripsi proses kognitif siswa dengan tingkat kecemasan matematika rendah, sedang, dan tinggi dalam menyelesaikan masalah konservasi luas. Pada tahap menerima informasi, siswa dengan tingkat kecemasan matematika rendah, sedang, dan tinggi membaca masalah dan mengamati gambar yang diberikan. Pada tahap mengolah informasi, ketiga subjek menggaris bawahi informasi tertentu dan dapat merencakan penyelesaian masalah. Siswa dengan tingkat kecemasan matematika sedang lebih baik dalam menggunakan konsep konservasi luas daripada siswa dengan tingkat kecemasan matematika rendah dan tinggi. Siswa dengan tingkat kecemasan matematika sedang dan tinggi lebih teliti dalam memeriksa hasil penyelesaian masalah daripada siswa dengan tingkat kecemasan matematika rendah. Pada tahap menggunakan informasi, siswa dengan tingkat kecemasan matematika rendah, sedang, dan tinggi menjelaskan kembali masalah yang diberikan, ide penyelesaian masalah beserta alasannya, langkah-langkah penyelesaian masalah, dan hasil penyelesaian masalah dengan baik.
Kata Kunci : Proses Kognitif, Konservasi Luas, Kecemasan Matematika
Cognitive process is the stages of human mental activity in receiving, processing, and using information. One of the fundamental human’s cognitive process is solving problems. Cognitive processes can be influenced by mathematics anxiety. Mathematics anxiety is a condition that make students feel uneasy or anxious that disrupts the students’ performance in learning, understanding, and solving mathematical problems, it also decrease the students’ confidence in solving mathematical problems. On the topic of area measurement, teachers tend to skip the concept of area measurement and area conservation, they directly give the area’s formula to the students. Area conservation is a concept to modify the shape or position of a plane figure without changing its area.
This research is a descriptive research with qualitative approach with the aim of describing the students’ cognitive processes in solving area conservation problem based on the level of mathematics anxiety. Three students from VIII-B of SMPN 1 Sukodono were chosen to be the subject, those are one student with low level of mathematics anxiety, one student with moderate level of mathematics anxiety, and one student with high level of anxiety who had equal mathematical abilities.
The result of this study show a description of cognitive processes of students with low, moderate, and high level of anxiety in solving area conservation problems. At the stage of receiving information, student with low, moderate, and high level of anxiety read the given problem and observe the given pictures. At the stage of processing the information, the three subjects underlined the current information and devising the plan. Student with moderate moderate level of anxiety is better than student with low and high level of anxiety in terms of using the concept of area conservation. Student with moderate and high level of anxiety are better than student with high level of anxiety in terms of looking back the problem solving. At the stage of using information, student with low, moderate, and high level of anxiety re-explain the given problem, the idea for solving problem including the reason, every single steps in problem solving, and the obtained solution.
Keywords: Cognitive Process, Area Conservation, Mathematics Anxiety