Banyaknya platform e-commerce yang menguasai pasar Indonesia mendorong perilaku belanja masyarakat untuk beralih ke belanja online. Dalam belanja online masyarakat sangat memerhatikan citra perusahaan, kepercayaan dan kemudahan sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian. Masyarakat akan melakukan pembelian jika platform e-commerce yang dipilihya memiliki citra yang baik dan dapat dipercaya, karena dalam belanja online tidak ada face-to-face antara penjual dan pembeli. Selain itu, jika platform e-commerce mudah digunakan maka konsumen akan mempertimbangan untuk belanja online pada e-commerce tersebut. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis dan membahas citra perusahaan, kepercayaan dan kemudahan terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen mobile shopping Shopee).
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian riset konklusif dengan pendekatan kausal. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen Shopee yang melakukan belanja melalui mobile shopping dengan ketentuan melakukan pembelian dalam satu bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan metode purposive sampling dan snowballing sampling. Untuk sampel yang digunakan yaitu sebanyak 220 responden. Angket peneliti disebarkan melalui online menggunakan skala likert dan menggunakan analisis data regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra perusahaan, kepercayaan, dan kemudahan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (studi pada konsumen mobile shopping Shopee). Nilai koefisien paling tinggi dimiliki oleh variabel kepercayaan.
Kata kunci : citra perusahaan, kepercayaan, kemudahan, keputusan pembelian, e-commerce.
The number of e-commerce platforms that dominate in Indonesian market that can be encourage people shop behavior to switch to online shop. In online shop, people are very observing about corporate image, trust and ease of use before decide to make a purchase. The society will make a purchase, if the e-commerce platform that they choose have a good image and can be trusted, because in online shop there is no face-to-face between seller and buyer. In addition, if the e-commerce platform is easy to used, so consumer will be consider to buy in online shop on e-commerce. Based on this matter, this study has a purpose that is to analyze and discuss of corporate image, trust and ease of use on purchase decisions (studiy of Shopee mobile shopping consumers).
This research used the conclusive research type with a causal approach. The population that used in this study is Shopee consumers who shopping via mobile shopping with the provision do the purchase in the last month. The sampling technique is by using nonprobability sampling with purposive and snowballing sampling method. The sample used are 220 respondents. The questionnaire from the researcher was given through online by using a Likert scale and multiple linear regression data analysis.
The results of the analysis shows that corporate image,trust, and ease of use partially have a significant positive influence on purchase decisions (study of Shopee mobile shopping consumers). Highest coefficient value of trust variabel.
Keywords: corporate image, trust, ease of use, purchase decision, e-commerce