ABSTRAK
Syafitri,
Yustina. 2022. Pengaruh creative responsibility based learning model
terhadap kompetensi siswa pada mata pelajaran kecantikan dasar ditinjau
dari motivasi belajar siswa. Proposal Tesis, Program Studi Pendidikan Teknologi
Kejuruan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I)
Prof. Dr. Ismet Basuki, M.Pd. dan (II) Dr. Sri Handajani, S.Pd, M.Kes.
Kata
kunci: Model pembelajaran creative responsibility based learning model
(CRBLM), motivasi belajar siswa, kompetensi siswa, kecantikan dasar.
Penelitian
ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan kompetensi siswa yang diajarkan
dengan menggunakan CRBLM dan MPL; (2)
menganalisis perbedaan kompetensi antara siswa yang memiliki motivasi belajar
tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; (3) menganalisis
interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap
kompetensi pada mata pelajaran kecantikan dasar.
Penelitian
ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain yang digunakan yaitu desain faktorial 2x2. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas X TKKR di SMKN 1 Buduran Sidoarjo dan siswa
kelas X TKKR di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini terbagi dalam dua jenis, yaitu instrument tes dan non-tes. Instrumen
tes meliputi tes kompetensi ranah pengetahuan dan keterampilan, sedangkan
instrumen non tes meliputi pengamatan
kompetensi ranah sikap dan lembar pengamatan motivasi belajar siswa. Uji
validitas instrumen terdiri dari uji validitas isi, uji validitas konstruk, uji
validitas butir, dan uji reliabilitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kompetensi ranah pengetahuan
siswa yang diajarkan dengan menggunakan CRBLM
(ranah pengetahuan=86,23, ranah sikap=85,88, dan ranah keterampilan=85,96)
lebih tinggi secara signifikan bila dibandingkan dengan siswa yang diajarkan
dengan menggunakan MPL (ranah pengetahuan=79,67, ranah sikap=83,23, dan ranah
keterampilan=83,11) pada Mata Pelajaran Kecantikan Dasar Rias Wajah Sehari-Hari
Kelas X TKKR di SMKN 1 Buduran Sidoarjo dan SMKN 1 Sooko Mojokerto; (2) siswa
yang memiliki motivasi belajar tinggi (ranah pengetahuan=84,99, ranah
sikap=85,85, dan ranah keterampilan=85,77) lebih tinggi secara signifikan bila
dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah (ranah
pengetahuan=80,91, ranah sikap=83,23, dan ranah keterampilan=83,30) pada Mata
Pelajaran Kecantikan Dasar Rias Wajah Sehari-Hari Kelas X TKKR di SMKN 1
Buduran Sidoarjo dan SMKN 1 Sooko Mojokerto; (3) terdapat interaksi secara
signifikan antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa dilihat dari
kompetensi siswa (nilai F ranah pengetahuan=22,281, nilai F ranah sikap=12,872,
dan nilai F ranah keterampilan=54,269) pada Mata Pelajaran Kecantikan Dasar
Rias Wajah Sehari-Hari Kelas X TKKR di SMKN 1 Buduran Sidoarjo dan SMKN 1 Sooko
Mojokerto.