Faktor-faktor Yang Memengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FEB Unesa
Factors Influencing Interest In Entrepreneurship In Students Of The Economic Education Study Program FEB Unesa
Perguruan tinggi menjadi pusat dalam memberikan fasilitas berwirausaha, untuk menghasilkan lulusan yang berwirausaha atau dengan istilah entrepreneur tidak akan berhasil jika tidak ada minat yang muncul dari diri mahasiswa itu sendiri. Dengan itu sebuah masalah yang dihadapi peneliti ialah bagaimana cara menumbuhkan rasa minat berwirausaha pada mahasiswa. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui tentang faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi minat tentang berwirausaha. Subjek peneliti yang diambil adalah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi FEB Unesa angkatan 2017. Teknik pengumpulan data melalui sebar kuesioner atau angket, teknik untuk pengambilan sampel yang dipakai ialah Simple Random Sampling serta pengolahan data memakai aplikasi program SPSS 25. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif melalui pendekatan deskriptif. Untuk analisis datanya menggunakan uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda. Dapat ditarik kesimpulan dalam penelitian ini bahwa : (1). Tidak adanya pengaruh secara signifikan atau negatif secara parsial variabel pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa (2). Adanya pengaruh secara signifikan atau postif secara parsial variabel ekspektasi tentang pendapatan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa. (3) Tidak adanya pengaruh secara signifikan atau negatif secara parsial modal terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa
Universities become the center in providing entrepreneurship facilities, to produce graduates who are entrepreneurship or in the term entrepreneur will not succeed if there is no interest that arises from the students themselves. With that, a problem faced by researchers is how to foster a sense of interest in entrepreneurship in students. The purpose of this study is to find out about what factors can influence interest in entrepreneurship. The research subjects taken were students of the 2017 FEB Unesa economic education study program. The data collection technique was through the distribution of questionnaires or questionnaires, the technique for sampling used was Simple Random Sampling and data processing using the SPSS 25 program application. This study used quantitative research through a quantitative approach. descriptive. For data analysis using classical assumption test and multiple linear regression test. It can be concluded in this study that: (1). There is no significant or partial negative effect of entrepreneurship education variables on students' interest in entrepreneurship (2). There is a significant or partial positive effect of the expectation variable on income on student interest in entrepreneurship. (3) There is no significant or partial negative effect of capital on students' interest in entrepreneurship.