Saat ini dunia usaha yang semakin pesat membutuhkan seorang manajer yang kompeten. PDAM merupakan perusahaan sektor publik yang digunakan sebagai objek penelitian yang tepat untuk menyelidiki bagaimana karyawan belajar dan berkembang dalam upaya untuk menjadi manajer yang kompeten.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan gaya belajar dan kompetensi manajer dan non manajer PDAM Delta Tirta Kabupaten Sidoarjo. Perusahaan ini dijadikan sebagai objek penelitian karena dilatarbelakangi oleh fenomena gap pada perusahaan. Sebanyak 51 karyawan telah berpartisipasi dalam penelitian ini, termasuk 24 manajer dan 27 non manajer. Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) diterapkan untuk menentukan apakah ada perbedaan gaya belajar dan kompetensi manajer dan non-manajer. Hasil uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan gaya belajar dan kompetensi antara manajer dan non manajer.
Kata Kunci: Kompetensi, Gaya Belajar
At present the increasingly rapid business world requires a competent manager. The PDAM is a public sector company that is used as the right object of research for investigating how employees learn and develop in an effort to become competent managers.
The purpose of this study was to analyze differences in learning styles and competencies of managers and non managers of PDAM Delta Tirta Kabupaten Sidoarjo. This company is used as the object of research because it is motivated by a gap phenomenon in the company. A total of 51 employees participated in this study, including 24 managers and 27 non managers. Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) are applied to determine if there was a different in learning styles and competencies between managers and non managers. The results of the Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) show that the Sig. 0,000 < 0,05, it can be concluded that there are differences in learning styles and competencies between managers and non managers.
Keywords: Competencies, Learning style.