Gambaran Strategi Coping Pada Santri Penghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren X
The Description of Coping Strategies for Students Who Memorize the AlQur’an at Islamic Boarding School X
Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan gambaran bagaiamana strategi coping yang dimiliki oleh santri di Pondok Pesantren X. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Partisipan pada penelitian kali ini berjumlah 4 orang siswa sekalius santri penghafal Al-Qur’an. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara semi terstuktur kepada partisipan dan SO (Significant Other). Teknik analisis data pada penelitian kali ini menggunakan analisis data tematik. Uji yang digunakan untuk keabsahan data pada penelitian kali ini adalah triangulasi sumber dan menggunakan bahan refrensi. Hasil dari penelitian kali ini adalah ke 4 partisipan menggunakan 2 strategi coping tersebut untuk menangani tekanan dan masalah yang dihadapi mereka. 4 partisipan menggunakan Problem Focused Coping ketika hafalan mereka belum lancar dan hafalan mereka susah masuk, perilaku yang dimunculkan yaitu mengulangualang bacaan tersebut. Emotion Focused Coping juga digunakan oleh ke 4 partispan namun perilaku yang dimunculkan setiap individu berbeda-beda, yaitu ada menenangkan diri terlebih dahulu, menarik diri, berdiam diri, saling bercerita satu sama lain, dan tentunya meminta ketenangan dan bantuan kepada Allah SWT.
The purpose of this research is to get an overview of the coping strategies used by students at Islamic Boarding School X. The research method used is a qualitative research method using a case study approach. The participants in this study were 4 students who memorized the Al-Qur'an as well. Data was collected using a semi-structured interview technique to participants and SO (Significant Other). The data analysis technique in this study uses thematic data analysis. The test used for the validity of the data in this study is triangulation of sources and using reference materials. The results of this study were that the 4 participants used these 2 coping strategies to deal with the pressures and problems they faced. 4 participants used Problem Focused Coping when their memorization was not smooth and their memorization was difficult to enter, the behavior that emerged was repeating the reading. Emotion Focused Coping was also used by the 4 participants but the behavior that each individual raised was different, namely there was calming down first, withdrawing, keeping silent, telling each other stories, and of course asking Allah SWT for peace and help