Penerapan Media SketchUp dan Model Pembelajaran Explicit Instruction dalam Proses Pembelajaran
Implementation of SketchUp Media and Learning Models Explicit Instruction In the Learning Process
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media SketchUp dalam proses pembelajaran, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Explicit Instruction dalam proses pembelajaran.
Metode penelitian artikel ini dilakukan dengan studi literatur terhadap beberapa hasil penelitian terdahulu. Data yang diambil berupa hasil kelayakan dan hasil belajar siswa dari beberapa artikel atau jurnal. Kemudian, dilakukan peninjauan kembali untuk mengetahui hasil perbandingan antara presentase kelayakan dan perolehan hasil belajar dari kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam penggunaan media SketchUp dari beberapa hasil penelitian artikel atau jurnal.
Hasil perbandingan kelayakan media SketchUp dari beberapa jurnal yang sudah direview ternyata mendapatkan hasil dalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini sejalan dengan salah satu jurnal dari Priyo Nur Cahyanto (2019) dimana hasilnya menyatakan bahwa kelayakan validasi yang sudah dinyatakan valid oleh 3 validator, pada aspek ilustrasi dengan nilai 83,33% sebagai nilai tertinggi. Media visual tiga dimensi tersebut memiliki keunggulan yang ditunjukkan pada aspek ilustrasi sehingga dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa. Sedangkan penerapan model pembelajaran Explicit Instruction juga dinyatakan layak dijadikan sebagai proses pembelajaran. Hal ini sejalan dengan-penelitian Qorri Aina (2016) dimana hasil belajar di kelas eksperimen terdapat peningkatan pada hasil belajar lebih baik daripada kelas kontrol.
Kata Kunci :SketchUp, Explicit Instruction, Kelayakan, Peningkatan Hasil Belajar
This study aims to determine the feasibility of media SketchUp in the learning process, and to determine the increase in student learning outcomes by applying the model Explicit Instruction in the learning process.
The research method of this article was carried out by studying the literature on some of the results of previous research. The data taken is in the form of eligibility results and student learning outcomes from several articles or journals. Then, a review was carried out to determine the results of the comparison between the percentage of feasibility and acquisition of learning outcomes from the control class and the experimental class in the use of media SketchUp from several research articles or journals.
The results of the comparison of the feasibility of media SketchUp from several journals that have been reviewed are in the very feasible category for use as a learning medium. This is in line with one of the journals from Priyo Nur Cahyanto (2019) where the results state that the validation of validation has been declared valid by 3 validators, in the illustration aspect with a value of 83.33% as the highest value. Three-dimensional visual media has advantages shown in the illustration aspect, it can increase interest and learning outcomes. While the application of the learning model is Explicit Instruction also declared worthy of being used as a learning process. This is in line with-research Qorri Aina (2016) in which the learning outcomes in the experimental class there is an increase in better learning outcomes than the control class.
Keywords :SketchUp, Explicit Instruction, Eligibility, Improved Learning Outcomes