DESIGN OF BONDOWOSO SPECIAL BATIK MOTIFS USING DIGITAL APPLICATIONS
BY STUDENTS SMKN 1 TAMANAN BONDOWOSO
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan kerajinan batik di Bondowoso yang melibatkan ciri khas kota Bondowoso, namun dalam perkembangan batik perlu adanya pendidikan untuk mempelajari batik dari merancang sebelum menjadi produk batik. SMKN 1 Tamanan Bondowoso merupakan sekolah yang mempelajari tentang merancang dengan teknik manual. Disisi lain perkembangan aplikasi digital dapat menjadi alternatif untuk merancang dengan hasil dan waktu yang efektif. Sehingga peneliti ingin memberikan pengalaman dan pengetahuan baru tentang merancang menggunakan aplikasi digital sebagai alternatif pembelajaran.
Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui tahapan persiapan, proses pembuatan motif batik khas Bondowoso menggunakan aplikasi digital, menganalisa hasil karya pada rancangan motif batik khas Bondowoso menggunakan aplikasi digital pada siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan aplikasi digital untuk merancang motif batik.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Terdapat empat tahapan dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu persiapan meliputi (observasi, referensi motif, pembuatan modul), pelaksanaan praktek merancang motif batik khas Bondowoso, analisis hasil karya siswa dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Penelitian menggunakan kelas X Desain Produksi Kriya dengan jumlah 34 siswa. Untuk pembuatan rancangan motif batik menggunakan aplikasi digital Adobe Illustrator dan Ibis Paint X dengan pembagian 5 kelompok dengan jumlah 23 siswa untuk aplikasi Adobe Illustrator dan 11 siswa individu yang menggunakan aplikasi Ibis Paint X.
Hasil penelitian ini yaitu dalam pesiapan, peneliti melakukan observasi sekolah, pengumpulan referensi motif batik dan pembuatan modul pembelajaran. Pelaksanaan praktek perancangan dilakukan dengan pengenalan aplikasi, penentuan ide karya, pembuatan sketsa, pewarnaan sketsa dan pameran karya secara online. Hasil karya siswa dilakukan analisis dan penilaian karya. Terkait tanggapan siswa didapatkan minat siswa terhadap pembelajaran praktek merancang menggunakan aplikasi digital dari data kuisioner yang didapatkan secara keseluruhan diperoleh presentase angket 90,5% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan merancang motif batik menggunakan aplikasi digital (Adobe Illustrator dan Ibis Paint X) mendapat respon positif dari siswa.
Kata Kunci : Pembelajaran, motif batik, aplikasi digital
This research is backgound by the development of batik crafts in Bondowoso which involves the characteristics of the city of Bondowoso, but in the development of batik there is a need for education to study batik from designing before it becomes a batik product. SMKN 1 Tamanan Bondowoso is a school that studies manual engineering design. On the other hand, the development of digital applications can be an alternative for designing with effective results and time. So researchers want to try to provide new experience and knowledge about designing using digital applications as an alternative learning.
The purpose of this research is to find out the preparatory stages, the process of making typical Bondowoso batik motifs using digital applications, analyzing the results of work on typical Bondowoso batik designs using digital applications for students and obtaining student responses to the use of digital applications to design batik motifs.
There are four stages in the implementation of this research, namely preparation including (observation, motif reference, module making), practical implementation of designing typical Bondowoso batik motifs, analysis of student work and student responses to learning. The study used class X Craft Production Design with a total of 34 students. To design batik motifs using the digital applications Adobe Illustrator and Ibis Paint X by dividing into 5 groups with a total of 23 students using the Adobe Illustrator application and 11 individual students using the Ibis Paint X application. This study used a qualitative descriptive method.
The results of this study showed that students' interest in practical design learning using digital applications from the questionnaire data obtained as a whole obtained a questionnaire percentage of 90.5% which was included in the very good category. So it can be concluded that designing batik motifs using digital applications (Adobe Illustrator and Ibis Paint X) received positive responses from students.
Keywords: Learning, batik motifs, digital applications