Error Analysis of Misspelled Word in Outdoor Commercial Advertising in Surabaya
Iklan adalah sebuah media yang memiliki kekuatan untuk menyampaikan pesan apa pun. Penggunaan bahasa Inggris secara tidak tepat membuat makna dari pesan tersebut gagal untuk dipahami orang sebagai pembaca. Penelitian ini mencoba mencari tahu tingkat kesalahan kata dalam iklan dengan menggunakan teori dari Carl James (1998). Penelitian dilakukan di Lidah Wetan, Surabaya. Deskriptif kualitatif digunakan sebagai pendekatan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan iklan komersial luar ruang. Kelima belas iklan dianalisis dan diklasifikasikan menjadi empat jenis kesalahan. Hasilnya mengungkapkan bahwa kesalahan dyslexic dan confusibles adalah dua jenis tingkat kesalahan yang paling umum dalam iklan komersial luar ruang. Interferensi dari bahasa Indonesia adalah penyebab utama salah eja kata. Penulis harus memahami tata bahasa dan kosa kata bahasa Inggris sebelum mereka membuat pesan di papan tulis dalam bahasa Inggris untuk menghindari salah eja yang dapat menyebabkan pembaca salah memahami pesan yang dimaksud.
Kata Kunci: kesalahan bahasa, kata yang salah eja, iklan luar ruang
Advertising is the media that has the power to convey any message. The use of English inappropriately makes their message unclear and fails to be perceived by people as readers. This study tries to find out the error levels of words in advertisements seen from Carl James (1998). The research was conducted in Lidah Wetan, Surabaya. Descriptive qualitative was employed as the approach in this study. This study was carried out by collecting outdoor commercial advertisements. The fifteen advertisements were analyzed and classified into four types of errors. The results revealed that dyslexic and confusibles errors were the two most common types of error levels in outdoor commercial advertisements. The interference of the Indonesian language is the major cause of misspelled words. The copywriters should understand the English grammar and vocabulary before they create the message on the board in English to avoid misspelling that may cause readers misunderstand the intended messages.
Keywords: language error, misspelled word, outdoor advertisements