Rancang Bangun Aplikasi Helpdesk Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel di Hotel The Alana Surabaya
Design and Build a Website Based Helpdesk Application using the Laravel Framework at the Alana Hotel Surabaya
Tuntutan terhadap informasi untuk memenuhi kebutuhan mendorong terbentuknya suatu aplikasi yang dapat menunjang kebutuhan informasi tersebut. Helpdesk merupakan aplikasi yang dapat melakukan pencatatan laporan dan perbaikan, memudahkan pengguna dengan teknisi dalam mengatasi suatu permasalahan atau kerusakan pada sarana prasarana. Selain itu, aplikasi ini dapat mempermudah pembagian tugas – tugas teknisi secara merata sesuai dengan bidangnya. Pekerjaan mengenai pelayanan teknologi informasi tersebut saat ini masih memiliki beberapa kekurangan diantaranya, pencatatan kerusakan sarana prasarana masih dilakukan secara manual, sehingga data – data pengaduan tersebut tidak tercatat dengan baik. Kegiatan helpdesk ini hanya berfokus pada manajemen helpdesk yang belum terstruktur sehingga mengakibatkan informasi hasil pengerjaan kerusakan tidak dapat diselesaikan dengan baik. Selain itu, sulitnya melakukan pantauan atau monitoring data pengaduan kerusakan yang sudah diajukan. Hal ini terjadi karena solusi yang disampaikan hanya melalui telepon secara langsung tanda dari permasalahan sudah ditutup tanpa ada catatan laporan yang tersimpan. Aplikasi helpdesk ini akan diterapkan di Hotel The Alana Surabaya untuk pengaduan kerusakan sarana prasarana. Pada aplikasi helpdesk ini menggunakan Framework Laravel berbasis website. Framework adalah sebuah kerangka program yang digunakan untuk membuat website. Laravel adalah salah satu Framework PHP yang banyak digunakan dalam membangun aplikasi berbasis website. Website adalah sebuah halaman pada suatu domain di internet yang dibuat dengan tujuan tertentu agar dapat diakses secara luas melalui browser. Hasil dari aplikasi yang dibangun adalah memudahkan teknisi dalam mengetahui kerusakan sarana prasarana dengan tepat waktu, sehingga segala asset yang mengalami kerusakan dapat segera diperbaiki. Selain itu aplikasi ini dapat mencetak hasil perbaikan kerusakan, sehingga data - data dapat tersimpan dengan baik.
The demands for information to meet the needs encourage the formation of an application that can support the information needs. Helpdesk is an application that can record reports and repairs, making it easier for users and technicians to overcome a problem or damage to infrastructure. Also, this application can facilitate the distribution of tasks technicians evenly by their fields. The work on information technology services currently has several shortcomings, including the recording of the damage to infrastructure is still done manually, so that the complaint data is not recorded properly. The helpdesk activity only focuses on the help of the unstructured helpdesk management, which results in the information on the results of damage that cannot be resolved properly. In addition, it is difficult to monitor or monitor the damage complaint data that has been submitted. This happened because the solution that was delivered only by telephone directly indicated that the problem had been closed without any record being stored. This helpdesk application will be applied at The Alana Hotel Surabaya for complaints of damage to infrastructure. In this helpdesk application, it uses the website based Laravel infrastructure. A framework is a framework of a program used to create a website. Laravel is a PHP framework that is widely used in building website based applications. The website is a page on a domain on the internet that is created with a specific purpose so that it can be widely accessed through a browser. The result of the application built is to make it easier for technicians to find out infrastructure damage in a timely manner so that all assets that are damaged can be repaired immediately. Besides this application can print the results of repair damage, so that data can be stored properly.