PERANCANGAN ULANG FEED INSTAGRAM WISATA BAHARI LAMONGAN
A REDESIGN ON INSTAGRAM FEED OF WISATA BAHARI LAMONGAN
Abstrak
Wisata Bahari Lamongan (WBL) adalah salah satu objek wisata yang menawarkan keindahan pesisir pantai dengan wahana dan budaya kearifan lokal. Dalam melakukan kegiatan promosinya, sebagian besar dilakukan melalui media sosial instagram berupa feed, story, dan sorotan. Untuk mendukung WBL dalam menyampaikan informasi kepada audience agar sesuai dengan prinsip desain supaya lebih mudah dipahami dan rapi dalam segi visualnya, maka dilakukan perancangan ulang khususnya dalam desain feed. Tujuan dilakukannya perancangan ini adalah untuk menyampaikan informasi kepada audience melalui desain yang komunikatif dalam segi visual yang memenuhi nilai-nilai dalam prinsip desain yaitu kesatuan (unity). Metode dalam perancangan ini meliputi pengumpulan data, analisis data, penyusunan konsep, dan proses desain sampai tahap final. Teknik analisis data menggunakan analisis eksisting dan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity dan Threat). Perancangan ini menggunakan konsep desain yang fullcolor dan memunculkan kesan rapi dan modern. Dalam proses perancangan, dilakukan melalui tiga tahap visualisasi yaitu Thumbnail, Tight Tissue, dan Desain Final. Dalam perancangan ini, terdapat media utama berupa feed instagram dan media pendukung berupa billboard.
Kata Kunci: Wisata Bahari Lamongan, Instagram, Promosi, Wisata, Media Sosial.
Abstract
Wisata Bahari Lamongan (WBL) is an object destination that offers a beautiful beach with rides and local wisdom culture. In conducting the promotional activities, WBL uses Instagram as a medium in the form of feeds, stories, and highlights. To support WBL in conveying information to the audience to be appropriate with the design principle, so that it can be easily understood and tidier in terms of visuals, a redesign was conducted, especially in the feed design. This design aims to convey information to the audience through a visual communicative design that fulfills the values of the design principle, which is unity. The stages in this design include data collection, data analysis, drafting the concepts, and the design process until the final stage. The data analysis techniques used in this design were existing analysis and SWOT analysis (Strength, Weakness, Opportunity, and Threat). This design used a colorful design concept and created a neat and modern impression. The design process was conducted through three stages of visualization, namely Thumbnail, Tight Tissue, and Final Design. In this design, there are main media in the form of Instagram feeds, and supporting media in the form of billboards.
Key Words: Wisata Bahari Lamongan, Instagram, Promotion, Tourism, Social Media.