Abstrak
Kemampuan berargumentasi ilmiah merupakan kemampuan
memberikan tanggapan yang dibangun dari kegiatan meliputi lima indikator
berargumentasi ilmiah yakni claim made ,
grounds used , warrants given , counterargument
generated , dan rebuttal offered .
Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah model Learning Cycle 7E yang merupakan
kumpulan dari rangkaian tahapan-tahapan kegiatan belajar yakni Elicit, Engagement, Exploration,
Explanation, Elaboration, Evaluation , dan Extend . Setiap tahapan dari Learning
Cycle 7E bertujuan untuk memecahkan suatu permasalahan dengan cara
penyelidikan, penemuan, hingga analisa yang dapat melatihkan kemampuan
berargumentasi ilmiah.
Tujuan dari penelitian ini adalah
menghasilkan LKPD berbasis Learning Cycle
7E untuk melatihkan kemampuan berargumentasi ilmiah siswa pada materi
fotosintesis dan respirasi pada kelas XII SMA yang layak berdasarkan validitas,
kepraktisan, dan keefektifan. LKPD yang dikembangkan menggunakan desain
penelitian model 4D yakni Define, Design ,
Develop dan Dessiminate , namun penelitian ini hanya
dilakukan hingga tahap Develop .
Uji coba terbatas dilakukan pada 25 siswa kelas XII IPA 5 SMA Negeri 16
Surabaya. Parameter dalam penelitian ini meliputi validitas yang dilihat dari
hasil validitas para ahli, kepraktisan yang dilihat dari aktivitas siswa, dan
keefektifan yang dilihat dari hasil belajar, kemampuan berargumentasi ilmiah,
dan respon siswa.
Hasil penelitian menunjukkan validitas LKPD
yang dikembangkan sebesar 3,72 dengan kategori sangat layak. Kepraktisan LKPD
berdasarkan observasi aktivitas siswa mendapatkan hasil sebesar 98% untuk LKPD
1 dan 98,6% untuk LKPD 2, keduanya tergolong dalam kategori sangat layak.
Keefektifan yang dilihat dari hasil belajar siswa mencapai peningkatan 92%
dengan ketegori sangat baik dan rata-rata N-Gain
0,55 dengan kategori sedang, kemampuan berargumentasi ilmiah siswa mengalami
peningkatan pada tahap posttest
sebesar 81,4% dengan kategori sangat baik, dan respon mencapai 90,22% dengan
ketegori positif.
Kata kunci : Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Learning Cycle 7E, Kemampuan
berargumentasi ilmiah, fotosintesis, respirasi.