GAMBARAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA YANG MENGALAMI HAMBATAN PRESENTASI
DESCRIPTION OF SELF CONFIDENCE ON STUDENT WHO EXPERIENCING PRESENTATION BARRIERS
Rendahnya kepercayaan diri dalam melakukan presentasi masih menjadi permasalahan utama dalam proses pembelajaran. Kepercayaan diri siswa dapat dilihat dari sikap yang ditampilkan berupa perasaan ketakutan dalam melakukan suatu hal dan menyampaikan hasil belajar di depan kelas. Tidak adanya keberanian siswa untuk tampil di depan kelas, serta bersikap pasif terhadap proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran mengenai kepercayaan diri pada siswa yang mengalami hambatan dalam melakukan presentasi dan mendapatkan informasi mengenai strategi dalam meningkatkan kepercayaan diri pada proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Partisipan pada penelitian ini berjumlah 3 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara kepada partisipan dan SO (Significant Other) dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data bersumber dari Miles and Huberman, terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan data Triangulasi sumber dan menggunakan bahan referensi. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa partisipan memiliki kepercayaan diri yang kurang dalam melakukan presentasi. Kurangnya kepercayaan diri disebabkan siswa tidak memiliki aspek rasional dan realistis dalam dirinya. Hal tersebut dapat menyebabkan siswa memiliki perasaan yang sensitif dalam melakukan presentasi atau mencoba hal yang baru.
Kata Kunci: Kepercayaan diri, Hambatan Presentasi, Siswa
Low self-confidence in making presentations is still a major problem in the learning process. Students' self-confidence can be seen from the attitude displayed in the form of feelings of fear in doing something and conveying learning outcomes in front of the class. There is no students' courage to appear in front of the class, as well as being passive towards the ongoing learning process. The purpose of this research is to get an overview of the self-confidence of students who experience obstacles in making presentations and to get information about strategies to increase self-confidence in the learning process. This study uses a qualitative research method with a case study approach. Participants in this study amounted to 3 students. Data was collected using interview techniques with participants and SO (Significant Other) and observation. Data analysis techniques use data analysis sourced from Miles and Huberman, consisting of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. This study uses triangulation data validity test sources and reference materials. From this study, it was found that participants had less confidence in making presentations. Lack of self-confidence is caused by students not having rational and realistic aspects in themselves. This can cause students to have sensitive feelings in making presentations or trying new things.