Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolad Dasar Negeri Sedati Gede 2 Sedati Kabupaten Sidoarjo
Implementation of the School Literacy Movement at Sedati Gede 2 Elementary School, Sidoarjo Regency
Ketrampilan literasi yang baik dapat membantu generasi muda dalam memahami informasi baik lisan maupun tulisan.Gerakan Literasi Sekolah merupakan salah satu kegiatan literasi dan bentuk kesadaran pemerintah akan pentingnya membangun budaya literasi dalam dunia pendidikan. Melalui permendikbud nomor 23 Tahun 2015 mengenai Penumbuhan Budi Pekerti, bupati sidoarjo mengesahkan peraturan bupati nomor 104 tahun 2016 mengenai Pedoman Pelaksanaan Literasi di Kabupaten Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Sedati Gede II Sedati Kabupaten Sidoarjo.lPeran Kepala Sekolah, Guru, Pustakawan, dan Wali murid sangat berperan aktif terhadap implementasi Gerakan Literasi Sekolah.lPenelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Lokasi penelitian adalah Sekolah Dasar Negeri Sedati Gede II Sedati Kabupaten Sidoarjo.lObyek penelitian ini adalah implementasi Gerakan Literasi Sekolah.lData dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi literatur.Artikel ini menunjukkan bahwa Implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SDN Sedati Gede II Sedati Sidoarjo dapat menaikkan tingkat minat baca siswa.Pada variabel Standart, sasaran dan tujuan kebijakan sudah sesuai dengan standart, sasaran dan tujuan kebijakan. Pada variabel sumber daya telah memenuhi segala sumber daya yang ada untuk pelaksanaan kebijakan.Pada indikator karakteristik pelaksana sangat mendukung adanya Gerakan Literasi Sekolah. Pada variabel Komunikasi antar organisasi terkait dengan kegiatan pelaksana sudah terjalin komunikasi yang baik. Pada variabel disposisi atau sikap pelaksana bertanggung jawab atas apa yang ditugaskan. Pada variable lingkungan sosial, ekonomi dan politik dalam GLS ini memang terjadi hambatan karena pihak orang tua ada yang mengeluh karena mereka harus bekerja dan tidak bisa mengawasi anaknya terlalu sering. Kata Kunci: Implementasi, Gerakan Literasi Sekolah, Literasi
Good literacy skills can help the younger generation understand information both spoken and written. The School Literacy Movement is one of the literacy activities and a form of government awareness of the importance of building a literacy culture in the world of education. Through “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan” number 23 of 2015 concerning Cultivation of Character, the regent of Sidoarjo ratified the regent's regulation number 104 of 2016 concerning Guidelines for the Implementation of Literacy in Sidoarjo Regency. The purpose of this study is to describe the implementation of the School Literacy Movement at Sedati Gede II Sedati Elementary School, Sidoarjo Regency. The roles of school principals, teachers, librarians and guardians of students play an active role in the implementation of the School Literacy Movement. This study uses a descriptive method with a qualitative approach. The research location is Sedati Gede II Sedati Elementary School, Sidoarjo Regency. The object of this research is the implementation of the School Literacy Movement. Data were collected through observation, in-depth interviews, and literature study. This article shows that the implementation of the School Literacy Movement at SDN Sedati Gede II Sedati Sidoarjo can increase the level of students' reading interest. In the Standard variable, policy goals and objectives are in accordance with the standards, objectives and policy objectives. The resource variable has fulfilled all available resources for policy implementation. The indicators for the characteristics of the implementer strongly support the School Literacy Movement. In the communication variable between organizations related to implementing activities, good communication has been established. The disposition variable or the attitude of the implementer is responsible for what is assigned. In the social, economic and political environment variables in this GLS, there are indeed obstacles because the parents complain that they have to work and cannot supervise their children. too often. Keywords: Implementation, School Literacy Movement, Literacy