Promoting Critical Thinking Skills Using Narratives in Junior High School: A Qualitative Case Study
Mufidati, Afifah. 2024. Promoting Critical Thinking Skills Using Narratives in Junior High School, Thesis, English Language Study Program, Postgraduate Program, State University of Surabaya, Supervisors; (1) Prof. Pratiwi Retnaningdyah., M.Hum., M.A., Ph.D., (2) Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd.
Keywords: Critical thinking skills, narratives, junior high school students
Many previous studies have examined the development of critical thinking skills in English lessons. Some of these studies highlighted the effects of students' essential levels of thinking; others also applied some of the student's critical thinking skills using texts and applied them in the context of academic writing. Despite these findings, there needed to be more from several previous studies regarding how teachers promoted students at the junior high school level with particular texts, namely narratives. This study addressed that gap by examining how teachers' strategies and practices promote critical thinking skills in students using narratives.
This study utilized a qualitative method to discover teacher practices and strategies, teacher challenges, and student responses to promote critical thinking using narratives in junior high school. This research found various essential strategies of thinking and subskills that were optimized by teachers using narrative text types such as fables, folktales, and folklore. Participants in this research were a teacher and three junior high school students. In addition, observation, interviews, and documents served as the primary data. Thematic analysis was used to analyze the data.
The findings showed that the teacher used several strategies in promoting critical thinking skills with narratives, such as using prior knowledge, locating main ideas, paragraphing for comprehension, using mental imagery, and reading aloud. Besides, the interaction between teachers and students in promoting critical thinking skills using narratives can be seen clearly and goes well. Optimization of several critical thinking skills was also found in this research, such as interpretation, analysis, inference, evaluation, explanation, and self-regulation.
Mufidati, Afifah. 2024. Promoting Critical Thinking Skills Using Narratives in Junior High School, Thesis, English Language Study Program, Postgraduate Program, State University of Surabaya, Suupervisors; (1) Prof. Pratiwi Retnaningdyah., M.Hum., M.A., Ph.D., (2) Dr. Him'mawan Adi Nugroho, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan berpikir kritis, narasi, siswa sekolah menengah pertama
Banyak penelitian terdahulu yang meneliti tentang perkembangan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran bahasa Inggris. Beberapa penelitian ini menyoroti dampak tingkat berpikir esensial siswa; yang lain juga menerapkan beberapa keterampilan berpikir kritis siswa dengan menggunakan teks dan menerapkannya dalam konteks penulisan akademik. Terlepas dari temuan tersebut, perlu ada kajian lebih lanjut dari beberapa penelitian sebelumnya mengenai bagaimana guru mempromosikan siswa di tingkat SMP dengan teks tertentu, yaitu narasi. Penelitian ini mengatasi kesenjangan tersebut dengan mengkaji bagaimana strategi dan praktik guru meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam menggunakan narasi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengetahui praktik dan strategi guru, tantangan guru, dan respons siswa untuk mendorong pemikiran kritis menggunakan narasi di sekolah menengah pertama. Penelitian ini menemukan berbagai strategi berpikir dan subketerampilan esensial yang dioptimalkan oleh guru dengan menggunakan jenis narasi seperti fabel, cerita rakyat, dan cerita rakyat. Partisipan dalam penelitian ini adalah seorang guru dan tiga orang siswa SMP. Selain itu, observasi, wawancara, dan dokumen dijadikan sebagai data primer. Analisis tematik digunakan untuk menganalisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan beberapa strategi dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan narasi, seperti strategi pengetahuan awal, menemukan gagasan utama, membuat paragraf untuk pemahaman, menggunakan gambaran nyata, dan membaca dengan suara keras. Selain itu, interaksi antara guru dan siswa dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis menggunakan narasi dapat terlihat dengan jelas dan berjalan dengan baik. Optimalisasi beberapa keterampilan berpikir kritis juga ditemukan dalam penelitian ini, seperti interpretasi, analisis, inferensi, evaluasi, penjelasan, dan pengaturan diri.
Oleh karena itu, penggunaan beberapa strategi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan narasi telah memberikan dampak yang baik. Secara tidak langsung secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Penelitian ini memberikan wawasan berharga mengenai penggunaan strategi yang optimal dan keterampilan berpikir kritis, terutama dalam menggunakan narasi. Guru mendorong pemikiran kritis dan tantangan seperti sikap siswa, praktik guru, pemilihan materi, dan lingkungan kelas. Terakhir, di sini siswa juga dapat merespons keterampilan berpikir kritis dengan menggunakan narasi berupa tugas yang diberikan oleh guru.