Designing perfume packaging for "Scarpa" brand shoes
Scarpa merupakan usaha jasa cuci sepatu, tas dan topi yang mengembangkan beberapa varian aroma parfum merek scarpa khusus untuk sepatu. Varian parfum untuk sepatu antara lain aroma permen karet, kopi dan udara segar. Pengembangan varian aroma parfum tersebut sesuai dengan permintaan konsumen, namun parfum yang diproduksi belum memiliki kemasan sekunder dan desain label yang sesuai dengan varian aroma parfum. Metode peracangan dimulai dengan pengumpulan data melalui teknik observasi dan wawancara, selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode SWOT dan USP. Lalu hasil analisis data tersebut dijadikan landasan konsep perancangan desain kemasan sekunder dan desain label. Bedasarkan analisis SWOT dan USP tersebut dihasilkan konsep perancangan desain label fullcolour dan konsep desain kemasan sekunder adalah minimalis dengan tema sporty dan trendi mengingat target audience adalah sneakhead (pecinta sepatu) dan penggiat olahraga ekstrim. Proses perancangan dimulai dengan mengumpulkan dan menganalisis data menyusun konsep, mendesain label kemasan dan kemasan sekunder hingga penerapan media pendukung. Hasil perancangan ini adalah kemasan sekunder berupa kardus dengan model slidebox lalu desain label untuk kemasan primer dan media promosi sebagai media pendukung ditampilkan di media sosial instagram Scarpa sebagai story dan postingan karena media pemasarannya fokus menggunakan media sosial.
Scarpa is a service for washing shoes, bags and hats which develops several scents of scarpa perfume specifically for shoes. Variants of perfume for shoes include the scent of gum, coffee and fresh air. The development of the perfume variant is in accordance with consumer demand, but the perfume produced does not yet have a secondary packaging and label design that matches the perfume scent variant. The planning method begins with data collection through observation and interview techniques, then the collected data is analyzed using the SWOT and USP methods. Then the results of the data analysis serve as the basis for the concept of secondary packaging design and label design. Based on the SWOT and USP analysis, the design concept of full color label design and secondary packaging design concept is minimalist with a sporty and trendy theme considering the target audience is sneakhead (shoes lovers) and extreme sports activists. The design process begins with collecting and analyzing data composing concepts, designing packaging labels and secondary packaging to the application of supporting media. The results of this design are secondary packaging in the form of cardboard with the slidebox model and then label design for primary packaging and promotional media as supporting media displayed on social media Instagram Scarpa as stories and posts because the marketing media focuses on using social media.