Menggunakan media mock-up pada siklus daur air siswa dapat mengetahui dan memahami proses daur air dan turunnya hujan. Media mock up ini dapat membantu guru untuk menjelaskan dan dapat dipahami siswa dalam pembelajaran siklus daur air. Media ini dapat digunakan pada pembelajaran klasikal dan kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh media mock-up pada pembelajaran IPA tentang siklus daur air terhadap hasil belajar siswa pada kelas V SDN Larangan Sidoarjo.
Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Adapun bentuk rancangan yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probably sampling, dengan menjadikan seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, teknik analisis instrumen berupa uji validitas dan uji reliabilitas, analisis data penelitian berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil uji homogenitas didapatkan Fmax (0,05) < Ftabel (0,637) untuk uji homogenitas pre-test, dan Fmax (0,05) < Ftabel (0,124) untuk uji homogenitas post-test, maka dapat disimpulkan bahwa data pre-test dan post-test dinyatakan homogen. Hasil uji normalitas dengan taraf signifikansi 5% setelah dihitung data pre-test pada kelas kontrol sebesar 0,098 dan kelas eksperimen sebesar 0,2, sedangkan data post-test kelas kontrol adalah 0,009 dan kelas eksperimen adalah 0,074 yang berarti data kedua kelas berdistribusi normal. Rata-rata nilai post-test kelas eksperimen 89,5 dan kelas kontrol rata-rata nilainya 52,75. Hasil perhitungan N-Gain kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 0,71886 yang termasuk ke dalam kategori tinggi. Berdasarkan analisis tersebut didapatkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media mock up mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siklus daur air pada siswa kelas V SDN Larangan Sidoarjo.
Kata kunci: hasil belajar siswa, media pembelajaran, mock-up.
Using a mock-up media cycle water cycle students can know and understand the process of water recycling and rain. This media can be used on classical learning and group. The purpose of this study to describe the influence of media on a mock-up of science learning about the water cycle to cycle learning outcomes of students in class V SDN Larangan Sidoarjo.
This type of research is quasi experiment. The shape of the design used was nonequivalent control group design. sample on study Non probably use sampling techniques. By making all members of the population used as a sample. Data collection techniques this using a pretest and posttest. Data analysis techniques used, namely analytical techniques such instruments validity test and reliability testing, analysis of research data normality test, homogeneity, and hypothesis testing.
Results test homogeneity obtained F max (0.05) <F table (0.637) for the pre-test homogeneity, and F max (0.05) <F table (0.124) for the homogeneity test post-test, it can be concluded that the data pre-test and post -test expressed homogeneous. Results of normality test with significance level of 5% as calculated. Data pre-test on control classes amounted to 0.098 and the experimental class of 0.2, while, results post-test control classes is 0,009 and experiment classes was 0.074 which means that the data were normally distributed both classes. Average value of the post-test 89.5 experimental classes and class the average control value is 52.75. The result of the calculation of the N-Gain experimental class obtained a value of 0.71886 which is included into high category. Based the analysis obtained that learning by using a mock-up media has a significant influence on learning outcomes cycle the water cycle in class V SDN Larangan Sidoarjo.
Keywords: student learning results, media learning, mock-up.