PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN BANYUWANGI DI SMPN 2 ROGOJAMPI
EXTRACURRICULAR LEARNING OF BANYUWANGI KARAWITAN AT SMPN 2 ROGOJAMPI
Nama Mahasiswa : Sonta Mahendra
NIM : 16020134091
Prodi/ Jurusan : S1 Pendidikan Sendratasik/ Sendratasik Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Agus Suwahyono, S.Sn., M.Pd
Tahun : 2021
Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran ekstrakurikuler Karawitan Banyuwangi yang meliputi strategi, metode, dan materi pembelajaran di SMPN 2 Rogojampi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Data-data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dalam penelitian ini digunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif, yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran ekstrakurikuler Karawitan Banyuwangi di SMPN 2 Rogojampi terlaksana dengan strategi yang dimiliki oleh guru dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspository, yaitu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa agar menguasai materi secara optimal. Strategi ini dapat juga disebut strategi pembelajaran langsung agar dengan strategi yang tepat siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Dalam pembelajaran ekstrakurikuler Karawitan Banyuwangi ini menggunakan dua metode yaitu metode ceramah dan metode demonstrasi yang digunakan oleh guru ekstrakurikuler pada saat pembelajaran. Kedua metode tersebut sangat memudahkan siswa dalam memahami materi yang telah diberikan yakni notasi Gendhing Padang Ulan dan notasi iringan Tari Jejer Jaran Dawuk. Ekstrakurikuler Karawitan di SMPN 2 Rogojampi ini juga telah banyak mendapatkan penghargaan di setiap perlombaan yang diikuti.
Kata Kunci : Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Karawitan
Banyuwangi
Name : Sonta Mahendra
Student Registration Number : 16020134091
Major : Bachelor of Sendratasik Education
Faculty : Language and Arts
Institution Name : State University of Surabaya
Advisor : Agus Suwahyono, S.Sn., M.Pd
Year : 2021
The purpose of this research is to describe the extracurricular learning process in Karawitan Banyuwangi which includes strategies, methods, and learning materials at Rogojampi 2 Junior High School. The method used in this research is descriptive qualitative research method. Sources of data in this study consisted of primary data sources and secondary data sources. The data were obtained through observation, in-depth interviews and documentation. To test the validity of the data in this study, the source triangulation technique, technical triangulation and triangulation techniques were used. The data analysis technique in this study is an interactive analysis technique, which consists of data collection, data reduction, data presentation and data verification.
The results of this study indicate that extracurricular learning in Karawitan Banyuwangi at SMPN 2 Rogojampi can be implemented with the strategy that is owned by the teacher using expository learning strategies, namely learning strategies that emphasize the process of delivering material verbally from a teacher to a group of students in order to master the material optimally. This strategy can also be called a direct learning strategy so that with the right strategy students can achieve optimal learning goals. In the extracurricular learning of Karawitan Banyuwangi, two methods are used, namely the lecture method and the demonstration method used by the extracurricular teacher at the time of learning. Both methods make it very easy for students to understand the material that has been given, namely the Gendhing Padang Ulan notation and the Jejer Jaran Dawuk dance accompaniment notation. The Karawitan extracurricular at SMPN 2 Rogojampi has also received many awards in every competition it has participated in.
Keywords : Learning, Extracurricular, Karawitan Banyuwangi