ANALISIS SENTIMEN KOMENTAR YOUTUBE VIRTUAL TOUR 360° WISATA BALI OLEH KEMENPAREKRAF
SENTIMENT ANALYSIS OF YOUTUBE COMMENTS VIRTUAL TOUR 360° BALI TOURISM KEMENPAREKRAF
Seiring dengan pertumbuhan internet, media digital sebagai platform komunikasi dan sumber informasi juga mengalami perkembangan sesuai dengan kemajuan zaman. Salah satu contoh media sosial di Indonesia dengan jumlah pengguna paling banyak digunakan yaitu Youtube. Youtube adalah salah satu platform video dan menjadi sumber informasi terbesar di seluruh dunia teurtama di Indonesia, banyak video yang mengenai review produk memiliki komentar yang dapat menimbulkan sentimen pada kelas tertentu. Hal tersebut dimanfaatkan oleh KEMENPAREKRAF untuk membuat program virtual tour 360 wisata Bali dengan tujuan mempromosikan destinasi wisata di Indonesia. Virtual tour memberikan pengalaman baru pada dunia pariwisata. Kegiatan ini akan mengajak audience mengenal dan berkunjung ke destinasi wisata melalui video 360. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian dengan pendekatan algoritma Support Vector Machine untuk menganalisis sentimen penonton Youtube virtual tour 360 destinasi Bali. Penelitian ini menganalisis 100 data komentar Youtube. Data diambil melalui proses crawling kemudian labelling kemudian processing dan kemudian klasifikasi dan visualisasi data. Dari proses tersebut menghasilkan 36 komentar positif, 2 komentar negatif, dan 12 komentar netral. Penelitian ini dapat memberi gambaran bagaimana penerapan virtual tour 360° apabila diterapkan secara keberlanjutan.
Kata Kunci : Komentar, Youtube, SVM, Analisis Sentimen, Virtual Tour
Along with the growth of the internet, digital media as a communication platform and source of information has also developed in accordance with the times. One example of social media in Indonesia with the largest number of users is Youtube. Youtube is one of the video platforms and is the largest source of information worldwide, especially in Indonesia, many videos regarding product reviews have comments that can cause sentiment in certain classes. This was used by KEMENPAREKRAF to create a 360 virtual tour program of Bali tourism with the aim of promoting tourist destinations in Indonesia. Virtual tours provide a new experience in the world of tourism. This activity will invite the audience to recognize and visit tourist destinations through 360 videos. Based on this, research was conducted with the Support Vector Machine algorithm approach to analyze the sentiment of Youtube viewers of virtual tour 360 Bali destinations. This research analyzes 100 Youtube comment data. Data is taken through the crawling process then labelling then processing and then classification and data visualization. The process resulted in 36 positive comments, 2 negative comments, and 12 neutral comments. This research can provide an overview of how the application of 360 ° virtual tour if applied in a sustainable manner.
Keywords: Comments, Youtube, SVM, Sentiment Analysis, Virtual Tour