MEMANFAATKAN PODCAST UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA INFORMATIF PADA MAHASISWA JURUSAN BAHASA INGGRIS
LEVERAGING PODCASTS TO ENHANCE INFORMATIVE SPEAKING SKILLS IN ENGLISH DEPARTMENT STUDENTS
ABSTRAK
Edy Suseno. 2024. Leveraging Podcasts to Enhance Informative Speaking Skills in English Department Students. Disertasi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Penasihat: (I) Dr. Suhartono, M.Pd. dan (II) Syafi’ul Anam, M.Pd, Ph.D.
Kata kunci: berbicara informatif, mendengarkan, podcast, pengucapan, kamus
Sarana yang digunakan orang untuk menyampaikan informasi adalah melalui ucapan. Orang ingin menjadi mahir dalam suatu bahasa. Baik pembicara maupun pendengar harus memiliki pemahaman menyeluruh tentang pokok bahasan agar proses pertukaran informasi dapat berhasil. Untuk menyampaikan maksudnya, gagasan internal mereka harus diungkapkan dengan kata-kata. Kata-kata pembicara harus dapat dimengerti dan tidak ambigu. Memiliki kemampuan seperti ini memungkinkan pendengar memahami maksud pembicara. Ketika pembicara dan pendengar terlibat dalam interaksi timbal balik, pemahaman berkembang selama percakapan.
Kadang-kadang, para individu merasa kesulitan untuk menerapkan bahasa yang mereka peroleh. Ketika mereka berbicara, mereka tidak mempraktikkannya. Berdasarkan jawaban survei yang diposting penulis penelitian di Facebook, sebagian besar peserta merasa kesulitan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Mereka berada dalam rentang usia 20 hingga 35 tahun. Mayoritas dari mereka kesulitan dengan kosa kata, pengucapan, tata bahasa, alur bicara, mendengarkan, dan bercerita. Cacat ini membuat mereka sulit memahami apa yang dikatakan orang lain dan sulit menyampaikan maksudnya kepada orang lain.
Sepuluh mahasiswa jurusan Bahasa Inggris mendaftar dalam perkuliahan berbicara di depan umum untuk mengatasi masalah ini. Ada empat pria dan enam wanita di antara mereka. Usia mereka berkisar antara 18 hingga 22 tahun. Mereka juga ikut menjawab kuesioner. Hanya ada satu semester pengajaran. Para mahasiswa berpartisipasi dalam 16 kesempatan belajar-mengajar untuk menyelesaikannya. Perkuliahan dilakukan secara virtual karena musim pandemi. Percakapan tersebut difasilitasi oleh dosen melalui grup WhatsApp. Media ini akan menggantikan ruang kelas tradisional.
Instruktur memulai dengan membuat grup WhatsApp. Para mahasiswa kemudian diajak untuk bergabung dalam grup olehnya. Ketika para mahasiswa bergabung dengan grup, mereka menerima pembelajaran online tata bahasa dasar. Instruktur menampilkan URL podcast di layar. Setelah mengkliknya, mahasiswa dibawa ke halaman podcast. Setelah menekan tombol play, mereka secara bersamaan membaca transkrip dan mendengarkan suaranya. Kemudian mereka menyoroti istilah atau frasa transkrip yang relevan dengan topik yang dibahas. Para mahasiswa berinteraksi dengan kamus elektronik mereka untuk memahami alur cerita.
Selanjutnya, mereka merekam diri mereka sendiri saat membaca transkrip dengan suara keras untuk meningkatkan perkembangan pengucapan mereka. Rekaman suara tersebut kemudian ditranskrip menggunakan aplikasi transcriber. Transkripsi asli kemudian dikontraskan dengannya. Hasil perbandingan membantu mereka memperbaiki kesalahan pengucapannya.
Para mahasiswa menceritakan kembali foto-foto yang telah ditampilkan instruktur di layar dalam format teks dan suara untuk meningkatkan keterampilan komunikasi lisan dan tulisan mereka. Untuk memastikan kata-kata tersebut diucapkan dengan benar, mereka menggunakan aplikasi transcriber. Selanjutnya instruktur mengunggah video podcast yang bersifat percakapan. Mahasiswa menuliskan gagasan utama cerita di atas kertas untuk menceritakan kisah tersebut. Mereka mencatatnya dan menunjukkannya kepada dosen untuk mendapatkan pendapatnya. Pembahasan isi podcast yang dipelajari mengakhiri proses belajar mengajar.
Selain itu, seperti yang ditunjukkan oleh hasil penilaian, kekurangan berbicara mahasiswa diatasi dengan mengikuti langkah-langkah dalam proses belajar-mengajar. Komposisi mahasiswa menunjukkan kemajuan mereka dalam kosa kata, tata bahasa, dan narasi; mayoritas dari mereka mampu menggunakan 100 kata atau lebih. Meskipun beberapa komposisi mahasiswa mengandung kesalahan tata bahasa, namun kesalahan tersebut tidak mengurangi tujuan utama narasi, yaitu mendeskripsikan suatu gambar. Sebagian besar mahasiswa hanya membuat sedikit kesalahan pengucapan selama latihan penyampaian. Untuk meningkatkan alur dan kejelasan wacana, mereka dapat menyampaikan pidato yang koheren dan kohesif. Namun, membacakan transkrip cerita pendek podcast dengan lantang membantu mahasiswa meningkatkan keterampilan berkeliaran mereka juga. Mereka hampir mampu menirukan kata-kata pendongeng dengan sempurna. Hal ini menunjukkan bahwa kapasitas mereka untuk mendengarkan telah meningkat.
Penggunaan podcast bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Jelas bahwa mahasiswa meningkatkan pemahaman mendengarkan, struktur bahasa, pengucapan, kefasihan, kosa kata, dan kesadaran budaya mereka melalui penggunaan rubrik penilaian berbicara. Ini adalah teknik yang digunakan mahasiswa untuk meningkatkan kapasitas mereka dalam memberikan pidato yang berwawasan luas.
Analisis kualitatif terhadap data proses belajar mengajar dilakukan. Oleh karena itu, untuk membantu siswa dalam memperbaiki kelemahan berbicara mereka dan memperluas kosa kata, tata bahasa, mendengarkan, menulis, pengucapan, dan alur berbicara, dosen dapat menggunakan materi podcast dengan cara yang metodis. Dosen dapat menerapkan penemuan-penemuan semacam ini pada pengajaran mata pelajaran terkait. Penelitian yang lebih mendalam terhadap topik yang relevan juga menjadi pemicu bagi para peneliti.
ABSTRACT
Edy Suseno. 2024. Leveraging Podcasts to Enhance Informative Speaking Skills in English Department Students. Dissertation, Study Program of Language and Literature Education, Postgraduate Program of Universitas Negeri Surabaya. Advisors: (I) Dr. Suhartono, M.Pd. and (II) Syafi’ul Anam, M.Pd., Ph.D.
Keywords: informative speaking, listening, podcast, pronunciation, vocabulary
The means by which students communicate information is through speech. Students want to become proficient in a language. Both speakers and listeners must possess a thorough understanding of the subject matter in order for the information exchange process to be successful. To convey the intention, their internal ideas must be put into words. The speakers' words need to be intelligible and unambiguous. Possessing this kind of ability allows listeners to comprehend the speaker's intention. When speakers and listeners engage in reciprocal interaction, understanding is developed during a conversation.
Occasionally, individuals found it challenging to apply the language they had acquired. When they spoke, they did not put it into practice. According to survey answers the study's author posted on Facebook, most participants found it challenging to communicate in English. They are in the age range of 20 to 35. The majority of them struggle with vocabulary, pronunciation, grammar, flow of speech, listening, and narrating. These defects made it difficult for them to understand what other students were saying and to convey their intentions to them.
Ten English department students enrolled in the public speaking course in order to address these issues. There were four men and six women among them. They range in age from 18 to 22. They took part in answering the questionnaire as well. There was just one semester of instruction. The students participated in 16 teaching-learning opportunities to finish it. The class was conducted virtually because of the pandemic season. The conversation was facilitated by the lecturer via a WhatsApp group. This medium will take the place of the traditional classroom.
The instructor began by creating a WhatsApp group. The pupils were then invited to join the organization by him. When the students joined the club, they received an online course in basic grammar. The instructor displayed the URL for a podcast on the screen. After clicking it, the pupils were taken to a podcast's page. After pressing the play button, they simultaneously read the transcript and listened to the voice. Then they highlighted the transcript's terms or phrases that were relevant to the topics covered. The pupils interacted with their electronic dictionaries to understand the story's plot. They record themselves reading the transcript aloud to improve their pronunciation development. The voice recording was then transcribed using a transcriber application. The original transcription was then contrasted with it. The comparison's outcome assisted them in correcting their pronunciation error. The students recounted photographs that the instructor had displayed on the screen in both text and voice formats in order to improve their oral and written communication skills. To ensure that the words were pronounced correctly, they utilized a transcriber app. Furthermore, the instructor uploaded a video podcast that was conversational in nature. The pupils wrote the story's main idea down on the paper to narrate the tale. They recorded it and showed it to the lecturer to get his opinion. A discussion of the learnt podcast's content concluded the teaching and learning process.
Additionally, as demonstrated by the assessment results, the students' speaking deficiencies were addressed by following the steps in the teaching-learning process. The students' compositions demonstrate their progress in vocabulary, grammar, and narrating; the majority of them were able to use 100 words or more. Although some of the students' compositions contained grammatical errors, these errors did not detract from the main purpose of the narrative, which is to describe a picture. Most of the pupils only made a few pronunciation errors during delivery practice. To improve the flow and clarity of their discourse, they could conduct a coherent and cohesive speech. However, reading aloud the podcast short story transcripts helped the students improve their loitering skills as well. They were almost perfectly able to mimic the storyteller's words. It suggested that their capacity for listening had grown.
It is advantageous to use podcasts to improve speaking abilities. It is clear that the students improved their listening comprehension, language structure, pronunciation, fluency, vocabulary, and cultural awareness through the use of the speaking assessment rubric. These are the techniques that the students employed to improve their capacity to provide insightful speeches.
A qualitative analysis of the data from the teaching and learning process was conducted. Therefore, in order to assist the students in improving their speaking defects and expanding their vocabulary, grammar, listening, writing, pronunciation, and speaking flow, the lecturer could employ podcast materials in a methodical manner. Lecturers must inevitably apply these kinds of discoveries to the teaching of related subjects. More in-depth research on the relevant topic also serves as a trigger for the researchers.