PERMAINAN SIRKUIT SEBAGAI STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK DENGAN AUTISME
CIRCUIT GAMES AS A STRATEGY TO IMPROVE CHILDREN ROUGH MOTOR SKILLS WITH AUTISM
Permainanisebagaiisalah satu alternatif yang membantu untuk meningkatkan motorik pada anak karena terdapat tugas gerak yang menyenangkan. Salah satunya dengan menerapkan permainan sirkuit digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar anak dengan autisme. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji strategi permainan sirkuit dalam meningkatkan keterampilan motorik kasar anak dengan autisme. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan mengkaji kumpulan literatur terkait sebagai sumber data. Data selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif dalam memecahkan masalah. Hasil kajian diperoleh bahwa permainan sirkuit merupakan sebuah strategi yang dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak dengan autisme. Siswa menjadi aktif dalam melakukan berbagai aktivitas, lebih tertarik dalam kegiatan belajar mengajar, siswa tidak merasa bosan selama proses pembelajaran, dan permainan sirkuit sesuai dengan karakteristik anak dengan autisme karena berbasis visual.
Kata Kunci: Permainan sirkuit, keterampilan motorik kasar, anak dengan autisme
Games as an alternative that helps to improve motor skills in children because there are fun tasks for motion. One of them by applying circuit games is used as a strategy to improve the gross motor skills of children with autism. The purpose of this study is to examine the strategy of circuit games in improving the gross motor skills of children with autism. This study uses the literature review method by examining related literature collections as data sources. Data were then analyzed using descriptive analysis in solving problems. The results of the study found that circuit games are a strategy that can improve the gross motor skills of children with autism. Students become active in carrying out various activities, are more interested in teaching and learning activities, students do not feel bored during the learning process, and circuit games are in accordance with the characteristics of children with autism because they are visual based.
Keywords: Circuit games, gross motor skills, children with autism