Program Jemput Bola Pasien Urung Kunjung (Jebol Pasung) merupakan sebuah inovasi pelayanan kesehatan bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang diciptakan oleh Puskesmas Geger. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan bagi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang selama ini masih belum maksimal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi peningkatan layanan kesehatan program Jemput Bola Pasien Urung Kunjung (Jebol Pasung) di Puskesmas Geger Kabupaten Madiun.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan fokus penelitian ini menggunakan teori Peningkatan dan Pencegahan Penyakit Kesehatan Jiwa menurut Dalami dalam Buku Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa yang terdiri dari Prevensi Primer, Prevensi Sekunder dan Terapi serta Prevensi Tertier dan Rehabilitasi. Teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Puskesmas Geger telah melakukan pelayanan dengan baik sesuai dengan komponen prevensi primer yaitu melaksanakan upaya peningkatan derajat kesehatan, upaya untuk menurunkan kerentanan terhadap penyakit dan meningkatkan kemampuan stressor psikososial, undang-undang peraturan pemerintah yang digunakan sebagai pedoman penanganan Orang Dengan Gangguan jiwa (ODGJ) serta pelayanan yang diberikan oleh berbagai biro, proses pelaksanaan perawatan pada keluarga pasien dan pelaksanaan konsultasi psikiatrik, keterlibatan lintas sektor yang terakhir cara yang dilakukan dalam pelaksanaan pendidikan kesehatan. Prevensi sekunder dan terapi ditunjukkan dengan pelaksanaan deteksi dini dan memberikan pengobatan. Prevensi tertier dan rehabiltasi ditunjukkan dengan melakukan rehabilitasi kepada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sudah stabil sehingga dapat produktif kembali. Sedangkan saran yang dapat diberikan adalah meningkatkan pelayanan promosi, koordinasi, dan pelatihan kader.
Kata Kunci: Pelayanan, Strategi, Kesehatan
Program Jemput Bola Pasien Urung Kunjung (Jebol Pasung) is an health service innovation for people who suffering for mental disorders that invented by Geger Health Center. This program aims to improve services for people with mental disorders which have not been maximized. The purpose of this research is to describe a strategy for improving health service program Jemput Bola Pasien Urung Kunjung (Jebol Pasung) in Geger health center, Madiun District.
The type of research used was descriptive research with a qualitative approach. Meanwhile, the focus of this study used the theory of Increasing and Preventing Mental Health Diseases according to Dalani in the Basic Concept Book of Mental Health Nursing that was consisting of Primary Prevention, Secondary Prevention and Therapy and Tertiary Prevention and Rehabilitation. The technique of collecting data was through interview, observation, and documentation.
The results indicated that Geger Health Center has performed well in accordance with the primary prevention component, efforts to improve health status, efforts to reduce vulnerability to disease and improve the ability of psychosocial stressors, involving stakeholders in various fields, the process of implementing care in the patient's family and the implementation of psychiatric consultations, the cross-sector involvement, and the implementation of health education. Secondary prevention and therapy were shown by implemetation of early detection and treantment.. Tertiary and rehabilitation prevention is indicated by rehabilitation of people with mental disorders who are stable so they can be productive again. While the advance that can be given is to improve the services of promotion, coordination, and cadre training.
Key words: Service, Strategy, Health