PENGEMBANGAN MEDIA KARTUN 3D TENTANG PEMILIHAN JAJANAN SEHAT UNTUK ANAK KELAS IV SEKOLAH DASAR
DEVELOPMENT OF 3D CARTOON MEDIA ON SELECTION OF HEALTH SERVICES FOR CHILDREN CLASS IV PRIMARY SCHOOL
Keberhasilan pendidikan gizi mengenai pemilihan jajanan sehat/PJAS pada anak sekolah dasar diantaranya dengan penggunaan media yang menentukan keefektifan, kemenarikan, kepraktisan dan disukai oleh anak. Pengembangan media kartun 3D tentang PJAS merupakan sarana media yang tepat untuk anak karena mudah dipahami oleh anak. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui kepraktisan media kartun 3D, 2) mengetahui keefektifan media kartun 3D, 3) mengetahui kemenarikan media kartun 3D, 4) mengetahui hasil validasi media yang praktis kartun 3D. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SDN Kenongo 1 Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, siswa kelas IV yang terdiri dari 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang cocok digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengujian kepraktisan media melalui proses pengembangan media dari desain media, lembar instrumen validasi media dan butir soal dinyatakan valid melalui hasil validasi, 2) hasil penerapan media kartun 3D pada siswa menunjukkan peningkatan, sehingga media dikatakan efektif sebagai media pendidikan bagi siswa kelas 4 SD, 3) berdasarkan hasil respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan media animasi kartun 3D menunjukkan hasil rerata yang sangat baik, hal tersebut menunjukkan kemenarikan media kartun 3D, 4) hasil validasi media menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dianggap layak untuk diujicobakan dilihat dari hasil validasi media dengan kriteria memuaskan.
Kata Kunci : Pengembangan Media, Pemilihan Jajanan Sehat, Kartun 3D
The success of nutrition education regarding the selection of healthy snacks / PJAS in primary school children including the use of media that determine the effectiveness, attractiveness, practicality and preferred by children. The development of 3D cartoon media about PJAS is an appropriate media tool for children because it is easily understood by children. The purpose of this study is 1) to know the practicality of 3D cartoon media, 2) to know the effectiveness of 3D cartoon media, 3) to know the attractiveness of 3D cartoon media, 4) to know the practical results of 3D cartoon media validation. The subjects in this study were students of SD Kenongo 1 Tulangan, Sidoarjo Regency, grade IV students consisting of 35 students. Data collection techniques that are suitable to be used are qualitative descriptive analysis using percentages. The results showed that: 1) testing the practicality of the media through the process of developing media from media design, media validation instrument sheets and items were declared valid through the results of validation, 2) the results of the application of 3D cartoon media on students showed an increase, so the media were said to be effective as educational media for 4th grade elementary school students, 3) based on the results of students' responses to the learning process using 3D cartoon animation media showed very good average results, it showed the attractiveness of 3D cartoon media, 4) the results of media validation showed that the developed media was considered worthy to be trialled from the results of media validation with satisfying criteria
Keywords: Media Development, Selection of Healthy Snacks, 3D Cartoons